Senin 27 Januari 2020, 17:21 WIB

Presiden: Pemerintah Upayakan Kirim Logistik untuk WNI di Wuhan

Antara | Internasional
Presiden: Pemerintah Upayakan Kirim Logistik untuk WNI di Wuhan

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pengiriman logistik turut terganggu akibat wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona, khususnya ke negeri China, yang merupakan asal dari penyakit tersebut.

"Sejumlah mahasiswa dan beberapa warga Indonesia masih berada di Kota Wuhan, China. Kita kesulitan mengirim bantuan logistik kepada mereka akibat adanya wabah virus ini," katanya kepada wartawan di sela kunjungan kerjanya di Surabaya, Senin.

Pengiriman bantuan logistik tersebut, lanjut dia, masih terus diupayakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di China.

"Berkaitan dengan pengiriman bantuan logistik ini kita masih terbentur dengan aturan main karena untuk masuk ke sana ketat sekali. Tapi masih dalam pendalaman oleh KBRI kita agar semua terlayani dengan baik," ujarnya.

Presiden Jokowi berpesan agar warga Indonesia baik yang berada di China maupun di dalam negeri senantiasa waspada terhadap penularan wabah corona virus.

Dia memastikan pengawasan di semua bandara dalam negeri, khususnya yang berhubungan dengan penerbangan dari dan tujuan ke negeri China telah dilakukan semaksimal mungkin.

"Memang ini bukan sesuatu yang mudah. Karena pada masa inkubasi panas kadang-kadang tidak bisa terdeteksi dengan scanner yang kita miliki," ucapnya.

Permasalahan yang sama terkait upaya pencegahan wabah corona virus, menurut Jokowi, sedang dihadapi oleh semua negara.(OL-4)

Baca Juga

AFP/Sajjad Hussain

Jalan Ditutup Usai Kerusuhan Petani di Delhi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:45 WIB
Kekerasan menunjukkan peningkatan perselisihan antara pemerintah dan ribuan petani yang berkemah di pinggiran kota sejak akhir...
AFP/Tom Williams

Kandidat Menteri Perdagangan AS Janji Tegas terhadap Tiongkok

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:49 WIB
"Jika saya menjadi menteri, saya berencana bersikap sangat agresif untuk membantu Amerika bersaing dengan praktik-praktik tidak adil...
Stephane De Sakutin /AFP via Getty Images

Antony Blinken Disetujui Ditunjuk Sebagai Menteri Luar Negeri AS

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:39 WIB
Dari total 100 anggota Senat di lembaga yang dikuasai Partai Demokrat itu, sebanyak 78 suara amendukung dan 22 suara menolak pencalonan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya