Selasa 31 Desember 2019, 15:32 WIB

Korban Tewas Topan Filipina Mencapai 50 Orang

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Korban Tewas Topan Filipina Mencapai 50 Orang

ANTARA FOTO/REUTERS
Topan Phanfone di Filipina

 

JUMLAH orang yang terbunuh oleh badai kuat yang menghantam Filipina tengah selama Natal telah meningkat menjadi 50 jiwa, kata pihak berwenang, Selasa (31/12), menjadikannya badai paling mematikan di negara itu pada 2019.

Angin topan Phanfone yang merusak dan hujan lebat merobohkan rumah-rumah dan menghancurkan bangunan komersial terutama di Pulau Visayas, Filipina, yang memengaruhi lebih dari dua juta orang.

Setidaknya 80.000 orang masih di tempat penampungan darurat dan mungkin harus tinggal sampai Tahun Baru, mengingat skala kehancuran.

"Kami sedih beberapa warga negara kita masih berada di pusat-pusat evakuasi, tetapi kita meyakinkan mereka akan terus menerima dukungan sampai mereka bangkit kembali," kata juru bicara badan bencana nasional, Mark Timbal, kepada AFP.

Lima orang masih hilang setelah badai, yang juga menyebabkan 143 orang terluka.

Korban tewas--naik dari 41 pada Minggu--termasuk tiga pelaut yang meninggal setelah kapal mereka terbalik, seorang polisi tersengat daya tiang listrik yang roboh, dan seorang pria tertimpa oleh pohon yang tumbang.

Topan Phanfone, yang secara lokal disebut Ursula, adalah topan ke-21 tahun ini yang melanda Filipina yang rawan badai.

Badai yang meningkat menhancurkan panen, rumah, dan infrastruktur, membuat jutaan orang dalam kemiskinan abadi. (AFP/OL-11)

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli

Kesenjangan Vaksinasi Covid-19 di Israel dan Palestina

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 27 Januari 2021, 19:56 WIB
Otoritas Palestina di Tepi Barat berharap dapat memvaksinasi sekitar 20% populasi dengan dosis yang disediakan di bawah skema Covax yang...
AFP/Stringer

Iran Sebut Israel Lancarkan Perang Psikologis

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 18:30 WIB
Negara Yahudi itu juga sering menargetkan serangan kepada kelompok militan yang didukung Iran di Libanon, Suriah, dan Jalur...
Milto Seran

Kasus Menurun, Moskow Longgarkan Pembatasan Sosial Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 27 Januari 2021, 17:46 WIB
Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mengumumkan pelonggaran ketika negara-negara Eropa berusaha memperketat perbatasan mereka terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya