Senin 04 Maret 2019, 08:00 WIB

Kapsul Dragon Sukses Berlabuh di ISS

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kapsul Dragon Sukses Berlabuh di ISS

AFP/HO/NASA

 

MISI uji coba kapsul awak Dragon milik SpaceX, Minggu (3/3), sukses berlabuh di Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS), lolos dalan ujian kunci sebelum kapsul itu membawa astronaut Amerika Serikat (AS) ke angkasa luar.

Berlabuhnya kapsul yang hanya mengangkut boneka itu terjadi pada pukul 10.51 GMT di ketinggian 400 kilometer di atas permukaan Bumi. Hal itu dikonfirmasi NASA dan SpaceX dalam siaran langsung misi tersebut.

Kurang dari dua jam kemudian, kru ISS--astronaut AS Anne McClain, astronaut Kanada David Saint-Jacques, dan kosmonaut Oleg Kononenko--membuka kapsul itu.

Di dalam kapsul itu, mereka menemukan bonek yang diberi nama Ripley masih mengenakan sabuk pengaman dan sebuah boneka Bumi.

"Selamat datang di era baru penerbangan angkasa luar," ujar McClain dari dalam Dragon.

Baca juga: AS-Korsel Akhiri Latihan Militer Utama demi Korut

Saint-Jacques mencicit mengenai pengalamannya melihat Dragon berlabuh untuk pertama kali di ISS dan menyebut hal itu sebagai awal era baru penerbangan luar angkasa berpenumpang.

Pemimpin NASA Jim Bridenstine mencicit ucapan selamatnya atas raihan bersejarah yang membawa AS mengambil langkah besar untuk menerbangkan kembali astronaut 'Negeri Paman Sam' ke angkasa luar menggunakan roket buatan negeri sendiri.

Selama ini, NASA bergantung pada Rusia untuk menerbangkan astronaut AS ke ISS sejak mereka memutuskan mengakhiri program pesawat ulang alik pada 2011 setelah 30 tahun.

Sejak lepas landas dari Kennedy Space Center di Florida pada Sabtu (2/3) hingga mencapai ISS pada Minggu (3/3), penerbangan kapsul Dragon membutuhkan waktu 27 jam.

Dragon akan melepaskan diri dari ISS pada Jumat (8/3) dan mendarat di Samudera Atlantis menggunakan empat parasut.

Misi kali ini merupakan gladi resik bagi misi Dragon yang akan dilakukan pada tahun ini. Gladi resik ini bertujuan menunggukan bahwa kapsul itu aman dan bisa diandalkan sehingga NASA bisa melanjutkan mengirimkan astronaut langsung dari AS mulai tahun ini. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP/Bo Amstrup / Ritzau Scanpix

Ratu Margrethe II Resmikan Museum Pengungsi di Denmark

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 Juni 2022, 13:45 WIB
Museum bernama Flugt itu menghadirkan kisah para pengungsi dimulai dengan orang Jerman yang melarikan diri dari Uni Soviet selama Perang...
AFP

BRICS akan Memperluas Keanggotaan Indonesia Diajak Bergabung

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 28 Juni 2022, 13:12 WIB
NEGARA-negara anggota BRICS, yakni Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan, mengatakan akan memperluas keanggotaan mereka....
Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP

Presiden Rusia Vladimir Putin Pastikan Hadir di KTT G20

👤Adiyanto 🕔Selasa 28 Juni 2022, 12:31 WIB
Meski begitu, Ushakov masih belum bisa memastikan apakah Putin akan menghadiri KTT itu secara langsung atau melalui tautan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya