Kamis 13 Agustus 2020, 21:00 WIB

Sambut HUT RI, Pelindo 1 Tanam 2.020 Bibit Mangrove

Yoseph Pencawan | HUT RI
Sambut HUT RI, Pelindo 1 Tanam 2.020 Bibit Mangrove

Antara
Ilustrasi

 

MENYAMBUT HUT RI ke-75 tahun, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), atau Pelindo 1, melaksanakan berbagai kegiatan di wilayah pesisir Belawan yang salah satunya adalah penanaman bibit mangrove.

Direktur Utama Pelindo 1 Dani Rusli Utama mengatakan pihaknya masih terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan dan pelestarian lingkungan. Terutama pelestarian ekosistem laut di kawasan pesisir Belawan yang menjadi wilayah kerja Pelindo 1.

"Salah satunya melalui kegiatan penanaman mangrove yang sudah kami laksanakan kemarin," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (13/8).

Dani Rusli menuturkan, mangrove merupakan ekosistem yang memberikan banyak manfaat, antara lain menjaga keseimbangan lingkungan, mencegah abrasi dan erosi serta memperbaiki kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali.

Dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan ini Pelindo 1 melakukan rangkaian program CSR (Corporate Social Rensposibility) dengan tema "Cintai Mangrove Sejak Dini".

Kegiatan yang juga dihadiri Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin ini diisi dengan berbagai kegiatan yang mencerminkan angka HUT RI ke-75 seperti penanaman 2.020 bibit mangrove dan bantuan 8 set alat pangkas.

Kemudian bantuan untuk Rumah Baca Merah Putih sebesar Rp17 juta tahap I dan Rp13 juta tahap II, serta pangkas gratis untuk 75 orang anak.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Danau Siombak ini Pelindo 1 bekerja sama dengan Rumah Mangrove Indonesia dan Rumah Baca Merah Putih.

Adapun penanaman mangrove menyasar dua lokasi yang berbeda, yakni di sepanjang pesisir Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan dan Muara Sungai Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan.

Dani Rusli berharap penanaman mangrove ini dapat memperkuat wilayah pesisir Belawan, mengurangi abrasi pantai dan berdampak multiguna bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini Pelindo 1 juga mengedukasi masyarakat dan anak-anak yang merupakan generasi muda, agar peduli mengenai pentingnya menjaga ekosistem laut bagi kelestarian lingkungan.

VP Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami menambahkan, selain penanaman bibit mangrove, Pelindo 1 juga memberikan bantuan sebesar Rp30 juta untuk Rumah Baca Merah Putih.

Bantuan tersebut diberikan secara bertahap, yang mana tahap I diserahkan sebesar Rp17 juta dan tahap kedua sebesar Rp13 juta.

Bantuan akan dimanfaatkan untuk renovasi fasilitas dan penambahan buku Rumah Baca di Danau Siombak sehingga anak-anak mendapatkan akses perpustakaan dan buku yang lebih baik.

Kemudian diberikan juga bantuan 8 set alat pangkas rambut dan mengadakan kegiatan pangkas gratis untuk 75 orang anak yang bermukim di sekitar Danau Siombak.

Anak-anak yang mendapatkan bantuan pangkas gratis ini juga dibekali dengan edukasi tentang peran penting pelabuhan dan dunia maritim yang bertujuan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap dunia maritim sejak dini.

Selain itu, Pelindo 1 juga mengajarkan mereka pedoman protokol kesehatan serta edukasi tentang manfaat tanaman mangrove bagi kelestarian lingkungan. (OL-8).

Baca Juga

Dok. Universitas Prasetiya Mulya

Prasetiya Mulya Padukan Ilmu Bisnis dan Teknologi Ciptakan Wirausaha Muda

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 25 Juli 2021, 11:33 WIB
Ilmu pengetahuan bisnis dan teknologi adalah kombinasi hebat untuk mendongkrak kesejahteraan...
Ist/Prambors

Rayakan 75 Tahun Indonesia, Prambors Bagi-bagi Sepeda Setiap Hari

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Agustus 2020, 15:15 WIB
Sebagai radio anak muda, Prambors menghadirkan sebuah campaign bertajuk Mendadak Sepedahan untuk membagikan sepeda secara gratis pada bulan...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Semangat untuk Maju di 75 Tahun Kemerdekaan

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 19 Agustus 2020, 08:48 WIB
Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada seluruh generasi muda agar terus memiliki keyakinan dan harapan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya