Kamis 02 Maret 2023, 10:50 WIB

GACA Saudi Setujui Penggunaan Bandara Kertajati di Musim Haji 1444 H

Dinda Shabrina | Humaniora
GACA Saudi Setujui Penggunaan Bandara Kertajati di Musim Haji 1444 H

Dok Samira Travel
Sebanyak 375 jemaah umroh Samira Travel yang di berangkatkan melalui Bandara Kertajati di Majalengka Jawa Barat Sabtu (26/11/2022).

 

BANDARA Kertajati (KJT) Jawa Barat sudah dapat digunakan untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji 1444 H/2023 M. Kepastian ini ditegaskan oleh Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam setelah menerima surat elektronik dari pihak General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi.

"Alhamdulillah, setelah melalui proses komunikasi intensif, Bandara Kertajati dipastikan bisa digunakan mulai tahun ini untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji," terang Nasrullah Jasam di Jeddah, Rabu (1/3).

Nasrullah mengatakan GACA Saudi telah memberikan konfirmasi tentang persetujuan penggunaan Bandara Kertajati. Nantinya, bandara baru ini akan mengoperasikan sekitar 21-23 penerbangan.

Baca juga:  TNI AL Kirimkan Logistik untuk Bantu Masalembo yang Alami Krisis Pangan

"GACA mengizinkan kurang lebih 7.000 sampai 8.000 jemaah haji berangkat dari dan pulang melalui Bandara Kertajati pada musim haji 1444 H/2023 M. Mereka akan terbagi dalam 21 sampai 23 penerbangan," paparnya.

"GACA juga sudah mengirimkan surat terkait hal ini kepada Kementerian Haji dan Umrah Saudi per 1 Maret 2023," sambungnya.

Bandara Kertajati akan digunakan untuk pemberangkatan dan pemulangan sebagian jemaah haji asal Jawa Barat. Kuota jemaah haji Provinsi Jawa Barat berjumlah 38.723 orang. Dari jumlah itu, sekitar 7.000 - 8.000 di antaranya, memungkinkan untuk berangkat melalui Bandara Kertajati pada musim haji tahun ini.

"Kami akan koordinasikan dengan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah terkait penggunaan Bandara Kertajati, termasuk penentuan jemaah asal Kabupatan/Kota mana yang akan menggunakannya," sebut Nasrullah.

"Termasuk akan dikoordinasikan juga rencana memasukkan Bandara Kertajati dalam lelang penyediaan penerbangan jemaah haji 2023," tandasnya. (H-3)

Baca Juga

Daily Mail

Permen Karet Bermanfaat untuk Kesehatan Gigi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 Maret 2023, 10:28 WIB
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kesehatan gigi. Perawatan ini bisa dilakukan harian namun perlu...
Foto Antara/Deni Setiadi

RSPI Bintaro Layak Jadi Rujukan Peserta Jamkestama Anggota DPR dan Keluarganya

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 Maret 2023, 10:10 WIB
Kunjungan kerja tim BURT DPR dilakukan dalam rangka melihat kesiapan pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama) bagi...
Dokumentasi pribadi.

Perkuat Komunikasi, IndiHome Terbaik di PRIA Award 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 Maret 2023, 09:40 WIB
Tak hanya menyampaikan pesan atau mitigasi krisis semata, dengan penerapan strategi komunikasi yang baik, bisnis IndiHome juga bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya