Selasa 28 Februari 2023, 23:45 WIB

Pentingnya Sarapan yang Bernutrisi Sejak Dini, Ini Kata Pakar

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pentingnya Sarapan yang Bernutrisi Sejak Dini, Ini Kata Pakar

Ilustrasi
Sarapan pagi.

 

DOKTER spesialis gizi klinik dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK mengingatkan pentingnya bagi orang tua untuk membiasakan anak sarapan enak dan bernutrisi sejak dini, agar anak terbiasa makan makanan sehat saat mereka tumbuh besar.

"Biasakan sarapan nutrisi tapi tetap enak dan menggugah selera makan anak. Dengan begitu saat tumbuh besar, anak akan terbiasa makan makanan yang sehat," kata Juwalita dalam acara temu media di Jakarta, Selasa (28/2).

Baca juga: Kemenkominfo: Kewenangan Kemenkes Ganti PeduliLindungi Menjadi Satu Sehat Mobile

Adapun contoh sarapan lezat dan bernutrisi, menurut Juwalita yang juga merupakan lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia, adalah roti tawar yang dioles dengan keju, dilengkapi telur serta potongan sayur.

Sarapan sendiri, dikatakan Juwalita penting, sebab sebelum beraktivitas, tubuh membutuhkan bahan bakar berupa nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein nabati, protein hewani, lemak, serta buah dan sayuran, agar bisa berenergi.

Namun, berdasarkan Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan tahun 2020 menunjukkan bahwa dari 25.000 anak usia 6-12 tahun di 34 provinsi di Indonesia, sebanyak 47,7 persen di antaranya belum memenuhi kebutuhan energi minimal saat sarapan.

Sementara itu, sebesar 66,8 persen anak memperoleh sarapan dengan kualitas gizi rendah atau belum terpenuhi kebutuhan gizinya terutama vitamin dan mineral.

Melihat hal tersebut, Arla Foods Indonesia memperkenalkan Puck Keju Oles sebagai pendamping sarapan nutrisi, bertepatan dalam rangka memperingati Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2023.

Sebagai informasi, Puck sebenarnya telah hadir sejak awal 80-an dengan fokus pemasaran di Timur Tengah dan berhasil menjadi salah satu merek keju oles pilihan masyarakat di wilayah tersebut.

"Melihat kesuksesan Puck di Timur Tengah, kami berpikir sudah saatnya memperluas pasar produk ini ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Apalagi melihat sarapan belum menjadi kebiasaan yang terbangun dalam keseharian kebanyakan masyarakat di Indonesia," kata Managing Director Arla Foods Indonesia Laurent Ponty.

Brand Manager Puck Desi Hendra Diani menambahkan Puck juga hadir untuk mempromosikan kebiasaan makan yang baik yang dimulai dan sarapan bernutrisi dan enak.

"Karena kami percaya makanan sehat seharusnya praktis, mudah didapat, dan bisa dinikmati siapa saja," katanya.

Untuk itu, sejak November 2022, Puck melakukan kegiatan Sarapan Bersama Puck yang melibatkan sekitar 15.000 anak dari 75 SD di Jabodetabek.

Menurut Desi, kegiatan tersebut mendapatkan respon menggembirakan baik dari orang tua maupun anak-anak sehingga pihaknya semakin termotivasi menghadirkan aneka ragam menu yang berbasis keju oles.

"Kami berencana akan melanjutkan kampanye Sarapan Bersama Puck Keju Oles ini untuk mendukung kebiasaan sarapan sejak usia dini," kata Desi. (Ant/OL-6)

Baca Juga

Ist

Pelajar SD di Jakarta Dapat Literasi Tentang Media Televisi dan Media Sosial 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 22 Maret 2023, 23:25 WIB
Literasi yang diikuti pelajar sekolah dasar ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan membaca, dan edukasi tentang pemanfaatan konten di...
dok.ist

Masuki Ramadan, GGN Gelar Tata Cara Shalat Tarawih di Mojokerto

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 22 Maret 2023, 22:26 WIB
SUKARELAWAN Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur kembali melakukan kegiatan positif untuk...
Ist

Pyridam Farma Turut Edukasi Masyarakat tentang Obat Sirop yang Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 22 Maret 2023, 22:14 WIB
BPOM telah menegaskan bahwa obat sirop sudah terbebas dari risiko tercemar dan aman untuk digunakan baik untuk anak-anak dan orang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya