Rabu 25 Januari 2023, 18:25 WIB

Iqbal Linus Sarankan Pemuda Aktif Berorganisasi

Budi Ernanto | Humaniora
Iqbal Linus Sarankan Pemuda Aktif Berorganisasi

DOK IST
Wakil Bendahara DPW PAN Provinsi Jambi Muhammad Iqbal Linus (kanan).

 

MELAKUKAN diskusi-diskusi, baik di dalam maupun di luar suatu organisasi dapat menjadi lentera kecil bagi masyarakat, khususnya generasi muda untuk membangun Indonesia yang lebih baik dengan caranya masing-masing.

Demikian gagasan yang diutarakan Muhammad Iqbal Linus yang merupakan Ketua DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jambi.

Dalam keterangan resminya pada Rabu (25/1), Iqbal yang akrab disapa Iqbal Linus juga berharap ada banyak pemuda yang berani untuk menentukan pilihan hidup dan tidak sekadar mengikut arus. "Coba melihat dengan cara berbeda dan mengasah kepekaan diri dengan cara melihat ranting yang bersebaran di tengah arus tersebut," kata pria pria kelahiran Jambi 19 Desember 1994 itu.

Iqbal sendiri mengaku dirinya bisa menjadi pribadi yang terbuka karena aktif berorganisasi. Ketertarikan berorganisasi sejak ia menimba ilmu di Columbia College dan Vancouver Film School di British Columbia, Kanada.

Melalui organisasi, kata Iqbal, dirinya dapat menyumbang pokok pikiran, memberikan pendapat untuk Tanah Air. Meski tidak didengar atau dapat terealisasi apa yang telah disuarakan, perubahan besar terjadi untuk diri sendiri. 

"Kita bisa lebih punya empati. Tapi, untuk mengubah keadaan, tidak ada salahnya generasi muda masuk ke dalam sistem agar Negeri kita ini lebih baik dan dewasa ke depannya,” jelas Iqbal yang juga bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) pada 2017.

Setidaknya ada beberapa organisasi yang pernah manaungi alumnus SMA 4 Negeri Jambi itu, seperti Hipmi Provinsi Jambi, Sapa Pemuda Pancasila Provinsi Jambi, Persatuan Basket Indonesia Provinsi Jambi, dan Badan Musyawarah Keluarga Jambi Jakarta. Sementara di PAN pada 2017, Iqbal menjabat sebagai Wakil Bendahara DPW PAN Provinsi Jambi.

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

“Kalau dari sudut pandang saya sebagai generasi muda, masuk ke dalam sistem adalah bentuk aktualisasi dan kontribusi kepada bangsa juga bagian dari hak sebagai warga negara. Di samping itu, menurut survei yang saya baca, minat atau ketertarikan generasi muda di Tanah Air terhadap politik masih rendah,” katanya.

Di kegiatan yang bersifat sukarela, Iqbal mengatakan pernah menjadi bagian Organising Committee for the Rio 2016 Olympic and Paralympic Games di bagian Broadcast Division dan Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (Inapgoc).

Iqbal juga mendirikan usahanya sendiri pada 2021 dengan membangun PT Lintang Nusa Energi Investama yang bergerak di bidang investasi dari luar (PMA) ataupun dalam negeri (PMDN) di bidang pertambangan dan trading mineral.

"Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam meraih kesuksesan dalam berbagai bidang. Pasalnya, ia mengalami sendiri saat membangun usaha pertama kali. Meski finansial terbatas, saya tetap tekun menjalani usaha yang dimulai dari nol," kata dia. (R-3)

Baca Juga

Kemenag

BPJPH Beri Konsultasi Sertifikasi Halal Gratis di Pameran Satu Abad NU

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:50 WIB
BPJPH membuka layanan konsultasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 pada Pameran 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa...
Kemenag

Kementerian Agama Waspadai Isu Fanatisme Kelompok di Tahun Politik

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:35 WIB
WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta jajaran Kemenag mewaspadai isu fanatisme kelompok di tahun...
Antara

Pemerintah Siapkan Program Haji Ramah Lansia dan Berkebutuhan Khusus

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:25 WIB
KEMENTERIAN Agama menyiapkan program Haji Ramah Lansia dan Haji Berkebutuhan Khusus untuk pelaksanaan musim haji tahun ini karena banyaknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya