Selasa 17 Januari 2023, 11:32 WIB

Sandiaga Optimistis Target Jumlah 1,4 Miliar Wisatawan Nusantara Tercapai

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Sandiaga Optimistis Target Jumlah 1,4 Miliar Wisatawan Nusantara Tercapai

Ist
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meyakini target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di tahun ini dengan nilai kontribusi PDB pariwisata di atas 4% tercapai.

Ia mengatakan target tersebut bisa terwujud dari berbagai faktor pendukung. Pertama, wisatawan akan semakin terpicu bepergian setelah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dicabut, sehingga muncul banyak kegiatan wisata spontan atau instan. "Kami yakin wisata spontan jadi momentum untuk merealisasikan kebijakan-kebijakan yang kami sesuaikan,” kata Menparekraf dalam keterangannya, Selasa (17/1).

Faktor lainnya ialah dari data Kementerian Perhubungan menyebutkan, pemulihan tingkat penerbangan dalam negeri sudah mencapai 71% dengan jumlah kebutuhan mencapai 50%. "Sedangkan penerbangan dari dan keluar negeri mencapai 33% sepanjang pemulihan pandemi,” kata Sandiaga.

Pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Kemenhub dan berbagai pihak terkait penambahan ketersediaan kursi baik dari luar maupun dalam negeri. Serta penambahan kapasitas transportasi lainnya, yakni kereta api, bus dan laut.

Upaya lain yang akan digenjot Kemenparekraf dalam mengejar pergerakan 1,4 miliar wisnus ialah mengoptimalkan keberadaan desa wisata yang diharapkan dapat menjadi destinasi utama para wisatawan spontan. Mengingat selama libur natal dan tahun baru, desa wisata menjadi pilihan banyak wisatawan.

Sandiaga mencontohkan seperti Desa Wisata Tinalah di Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, terdapat peningkatan jumlah wisatawan dari 3.300 wisatawan di 2021 menjadi 6.000 wisatawan sepanjang tahun lalu.

Kemudian, di Desa Wisata Sembungan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, juga terdapat lonjakan jumlah wisatawan dari 105.000 wisatawan di 2021 menjadi 140.000 wisatawan sepanjang 2022.

Di Desa Wisata Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, ikut terdampak peningkatan jumlah pengunjung. Dari 92.000 wisatawan di 2021 menjadi 99.000 wisatawan sepanjang 2022.

"Pemasukan turut mengalami kenaikan hingga 100% dari sebelumnya di desa wisata tersebut. Ini yang akan kami optimalkan kedepannya," pungkas Sandiaga. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Cara Atasi Penuaan Kulit: Tujuh Hal yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:29 WIB
Penuaan ekstrinsik adalah agresi eksternal  seperti polusi atau sinar UV dan kebiasaan gaya hidup seperti merokok atau makan...
Antara

PGI Minta Presiden Perhatikan Kasus Larangan Beribadah

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:24 WIB
PGI mencatat setidaknya ada lima peristiwa diskriminasi dan intoleransi sejak 17 Januari 2023. Larangan itu dengan alasan rumah ibadah...
DOK/TACO

TACO Dukung Pameran Seni Rupa Art Jakarta Gardens

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:05 WIB
Pagelaran Art Jakarta Gardens kali ini menjadi awal bagi TACO untuk mendukung industri kreatif Indonesia pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya