Senin 16 Januari 2023, 17:26 WIB

Program Pertukaran Budaya Politeknik Sahid Gandeng Shinhan University Korea

mediaindonesia.com | Humaniora
Program Pertukaran Budaya Politeknik Sahid Gandeng Shinhan University Korea

dok.ysj
Kolaborasi Politeknik Sahid dengan Shinhan University Korea, pada program Program Overseas Volunteers di Jakarta dan Bogor selama 9 hari.

 

YAYASAN Sahid Jaya (YSJ) bersama Politeknik Sahid berkolaborasi dengan Shinhan University Korea, pada Program Overseas Volunteers Universitas Shinhan ke 15. Kali ini berlangsung di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Bogor, dimulai pada  4 hingga 12 Januari 2023.

Program ini diisi dengan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat di SDN Bendungan Hilir 01, Desa Wisata Mulyaharja Bogor Jawa Barat, yang merupakan desa binaan Politeknik Sahid. Pada puncak acara dimeriahkan dengan persembahan Culture Night sebagai apreasiasi budaya bangsa diadakan di Puri Ratna, Grand Sahid Jakarta pada 11 Januari 2023.

"Acaranya berlangsung selama 5 hari di SDN Bendungan Hilir memberikan edukasi berupa pembuatan  name tag pada gantungan kunci, melakukan mini games, pelatihan edukasi tentang hygiene, membuat sabun, aksesoris dan masker,” kata Direktur Politeknik Sahid - Assoc. Prof. Dr. Nenny Wahyuni, S.E., M.M dalam keterangan pers nya, Senin (16/1/2023).

Pada hari ke-6 Shinhan University mengunjungi Kampus Politeknik Sahid untuk melakukan tour kampus. Mereka disambut langsung Prof Dr Nenny Wahyuni, dalam kesempatan tersebut perwakilan dari Shinhan diberikan cindera mata sebagai bentuk keakraban dari program kolaborasi ini kepada President Kang Sung Jong dan sejumlah Profesor Shinhan University Korea.

Selanjutnya Politeknik Sahid melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bersama Shinhan University, dengan kunjungan wisata ke Kampung Tematik Mulyaharja di Bogor Selatan yang merupakan Desa Wisata binaan Politeknik Sahid.

“Rangkaian acara di awali dengan kegiatan  susur kampung untuk melihat proses produksi kuliner lokal oleh UMKM, pengelolaan Homestay yang dikelola oleh warga setempat, edukasi pertanian, melukis caping dan diakhiri dengan mencoba olahan makanan lokal seperti Colenak, Soto Daging khas Bogor dan Es Teler yang di masak oleh para Dosen Kuliner Politeknik Sahid,” ujar Prof. Nenny Wahyuni.

Setelah hampir 9 hari kegiatan kolaborasi antara Yayasan Sahid Jaya (YSJ), Politeknik Sahid dengan Universitas Shinhan Korea Selatan, ditutup dengan Performance Night sebagai saksi sejarah dari momentum akbar malam budaya.
Rangkaian acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Lagu Kebangsaan Korea Selatan.

Kemudian ditampilkan video kompilasi rangkaian moment indah kegiatan Overseas Volunteers Program. Pada penampilan kreasi budaya pentas tari dari Politeknik Sahid mempersembahkan tarian Mangente, yang berarti sebuah kesatuan dari semua seni budaya & tari di Indonesia, sebagai symbol kekayaaan budaya bangsa Indonesia. Perayaan Budaya Bangsa Indonesia – Korea ini di akhiri dengan pentas tari persembahan dari Universitas Shinhan yaitu K-Pop Dance dengan 3 jenis tarian berbeda.

“Kami sangat terpukau dengan penyambutan luar biasa dari SAHID. Apreasiasi kepada tim volunteer dari Politeknik Sahid dan Universitas Sahid yang sangat antusias mengikuti program ini berkolaborasi dengan mahasiswa dari Shinhan University” ungkap President Shinhan University dalam perayaan malam Budaya ini.

Momentum ini akan terus berlanjut pada program- program edukasi spektakuler berikutnya, tentunya menjadi power untuk meningkatkan mutu pendidikan yang lebih berkualitas serta memiliki manfaat di tingkat Internasional. (RO/OL-13)

Baca Juga

Dok Ist

Maritime Awards Bisa Gerakkan Pembangunan Sektor Maritim

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 19:46 WIB
Maritime Awards dapat menyuarakan pada para pemangku kepentingan bangsa ini untuk serius membangun sektor maritim...
MI/HO

IKAPI Lantik Pengurus Periode 2022-2027

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 18:40 WIB
"Sebagai organisasi yang matang secara usia, kita semua harus terus berupaya untuk menjaga profesionalisme dengan cara meningkatkan...
Ist

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

👤mediaindonesia.om 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 17:58 WIB
TM Beras adalah mesin pembagi bantuan beras bagi keluarga yang membutuhkan dengan menggunakan teknologi kartu elektronik mirip seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya