Minggu 15 Januari 2023, 07:15 WIB

Isi Anggaran Biaya dalam Proposal dan Contohnya

Meilani Teniwut | Humaniora
Isi Anggaran Biaya dalam Proposal dan Contohnya

medcom.id
ilustrasi

 

KAMU pasti sudah tak asing lagi dengan istilah proposal, apalagi untuk yang aktif di kegiatan sekolah. Biasanya proposal dibuat untuk pengajuan kerja sama dalam mengadakan acara tertentu.

Nah, kamu sudah tahu belum contoh proposal yang baik dan benar itu seperti apa? Kalau masih bingung, kamu bisa menyimak langsung pembahasan di bawah ini yah:

1. Pengertian Proposal 

Proposal adalah rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Rencana kegiatan tersebut tentu saja harus dituliskan secara baik dan benar supaya pihak yang berkepentingan dapat memahaminya dengan baik.

Proposal bersifat hanya sebagai usulan tertulis yang ditujukan kepada pihak-pihak yang berhubungan dalam suatu kegiatan. Kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan bisnis, pengajuan, dana, proyek, hingga penelitian.

2. Anggaran Biaya dalam Proposal

Berkenaan anggaran biaya dalam proposal umumnya berbentuk gagasan atau perancangan biaya anggaran, yang selanjutnya disingkat menjadi RAB. Dalam RAB tercantum besaran ongkos dan seberapa banyak keperluan logistik yang diperlukan untuk melakukan satu kegiatan.

Biaya anggaran bisa dibedakan berdasarkan tipe kegiatan yang hendak diadakan di antaranya anggaran biaya acara atau event, kegiatan organisasi dan anggaran proyek.

Ada banyak hal yang sepantasnya dilaksanakan pada proses penyusunan anggaran biaya dalam sebuah proposal. Harus diingat jika proposal ditulis secara resmi dan memakai bahasa yang cepat, padat, jelas termasuk dalam pengaturan anggaran biayanya.

Berikut beberapa hal yang penting diperhatikan dalam pembuatan anggaran biaya dalam sebuah proposal acara.

- Menghitung biaya perlengkapan yang dipakai dengan membuatkan daftar khusus yang telah diperlengkapi dengan biaya kontraknya.

- Biaya sewa gedung sebagai tempat berjalannya momen perlu masuk ke pendataan pembiayaan, terhitung penyediaan panggung dan dekor.

- Membuat daftar panitia dan pekerjaannya dan tentukan besaran biaya panitia terhitung transportasi dan uang santai.

- Tamu undangan atau tamu penting yang datang pada acara harus juga dalam pendataan rencana anggaran. Buat daftar tamu yang hendak didatangkan dan tetapkan tarif biaya untuk tiap tamu.

- Terakhir, biaya konsumsi yang dapat dihitung dengan menyaksikan dari jumlahnya tamu yang tiba, jenis konsumsi, dan intensif pemberian konsumsi.

3. Contoh Anggaran Dana dalam Proposal

a. Contoh Anggaran Biaya dalam Proposal Usaha

b. Contoh Anggaran Biaya dalam Proposal Penelitian 

Baca Juga

Ist

Menteri LHK dan Dubes RI UNESCO: Status 'in Danger TRHS' Segera Diakhiri

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:32 WIB
TRHS merupakan salah satu warisan alam dunia Indonesia yang terdiri dari TN Bukit Barisan Selatan, TN Kerinci Seblat dan TN Gunung Leuser...
Antara

70,65% Lansia Sudah Divaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap

👤MGN 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:16 WIB
Sebanyak 18.323.786 lansia telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 85,02 persen dari...
Dok. ICM

Sejumlah Apartemen Kelolaan Inner City Management Meriahkan Perayaan Imlek 2574

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:58 WIB
“Dengan latar belakang yang cukup beragam, momen-momen seperti ini diharapkan dapat menjaga keharmonisan yang terjalin antar penghuni...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya