Selasa 10 Januari 2023, 18:53 WIB

4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT Beserta Rasul yang Menerimanya

Meilani Teniwut | Humaniora
4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT Beserta Rasul yang Menerimanya

Antara/Sulthony Hasanuddin.
Ilustrasi Al-Quran.

 

KITAB suci merupakan tuntunan awal dan keyakinan bagi suatu agama. Dalam Islam, kitab punya dua arti yaitu perintah dan tulisan di atas kertas.

Biasanya yang sering dipakai ialah arti yang pertama. Mengutip kemdikbud.go.id, suhuf atau sahifah berarti wahyu yang diterima oleh nabi-nabi dan rasul Allah SWT yang dikumpulkan, yaitu semacam lembaran atau brosur-brosur kecil.

Kumpulan suhuf itulah yang dinamakan kitab. Bentuknya lebih besar dari suhuf. Suhuf dapat diartikan juga dengan kitab. Para rasul Allah yang menerima suhuf-suhuf tersebut ialah Nabi Ibrahim Alaihi Salam dan Nabi Musa Alaihi Salam.

Kitab Allah adalah kumpulan firman Allah yang dituliskan. Kitab Allah diturunkan kepada para rasul Allah dengan perantaraan malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat manusia.

Pada awalnya kumpulan firman Allah belum tertulis. Kemudian, para sahabat Rasul menuliskannya pada lempengan batu, kulit, dan tulang. Berikut empat kitab yang diturunkan Allah SWT beserta rasul yang menerimanya.

Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS

Kitab Zabur atau disebut juga Mazmur diturunkan kepada Nabi Daud Alaihi Salam. Zabur diturunkan pada abad 10 SM di daerah Jerussalem.

Kitab ini dijadikan pedoman bagi kaum Nabi Daud. Isinya berupa nyanyian pujian kepada Allah atas segala nikmat ilahiyah.

Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS

Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa Alaihi Salam pada abad ke-12 SM di bukit Sinai. Bahasa yang digunakan dalam kitab Taurat adalah bahasa Ibrani. 

Kitab ini dijadikan pedoman bagi Bani Israil. Isi pokok dikenal dengan The Ten Commandments (10 perintah Tuhan).

Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa AS

Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa Alaihi Salam pada permulaan abad 1 M. Kitab Injil diwahyukan di daerah Jerussalem.

Kitab ini ditulis pada awalnya dengan menggunakan bahasa Suryani. Kitab ini menjadi pedoman bagi kaum Nabi Isa yakni Nasrani. Isi pokok ajaran untuk hidup dengan zuhud yakni menjauhi kerusakan dan ketamakan dunia.

Kitab Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW

Kitab Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia yang diturunkan secara berangsur-angsur. Kitab ini diturunkan pada abad ke-7 M, kurun waktu tahun 611-632 M. (OL-14)

Baca Juga

Kemenag

BPJPH Beri Konsultasi Sertifikasi Halal Gratis di Pameran Satu Abad NU

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:50 WIB
BPJPH membuka layanan konsultasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 pada Pameran 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa...
Kemenag

Kementerian Agama Waspadai Isu Fanatisme Kelompok di Tahun Politik

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:35 WIB
WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta jajaran Kemenag mewaspadai isu fanatisme kelompok di tahun...
Antara

Pemerintah Siapkan Program Haji Ramah Lansia dan Berkebutuhan Khusus

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:25 WIB
KEMENTERIAN Agama menyiapkan program Haji Ramah Lansia dan Haji Berkebutuhan Khusus untuk pelaksanaan musim haji tahun ini karena banyaknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya