Senin 09 Januari 2023, 14:20 WIB

RS Premier Jatinegara dan RS Premier Surabaya Raih Akreditasi Internasional JCI

mediaindonesia.com | Humaniora
RS Premier Jatinegara dan RS Premier Surabaya Raih Akreditasi Internasional JCI

Ist
RS Premier Jatinegara dan RS Premier Surabaya kembali dinyatakan sebagai rumah sakit terakreditasi dari Joint Commission International.

 

Tahun ini untuk yang keempat kali RS Premier Jatinegara (RSPJ) dan RS Premier Surabaya (RSPS) kembali dinyatakan sebagai rumah sakit terakreditasi dari Joint Commission International (JCI) di mana sudah menggunakan standar edisi ke-7 dengan pelayanan yang berfokus pada pasien (patient centred care).

Akreditasi internasional didapatkan melalui penilaian proses pelayanan dengan kesesuaian berstandar internasional. RS Premier merupakan 10 rumah sakit pertama yang melaksanakan akreditasi JCI di Indonesia.

Penilaian ini meliputi pelayanan pasien dan integrasi antar unit atau departemen yang dibakukan dalam standar prosedur atau kebijakan di rumah sakit.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat hingga tahun 2021 Indonesia telah memiliki lebih dari 3100 rumah sakit yang tersebar di 38 provinsi.

Namun, menurut data dalam situs resmi JCI hanya terdapat 23 rumah sakit yang memiliki sertifikat akreditasi standar internasional dari JCI.
JCI adalah lembaga akreditasi unggulan yang ditujukan untuk sektor pelayanan kesehatan berskala internasional.

Lembaga ini telah berdiri sejak tahun 1951 dan memiliki standar akreditasi yang diakui sejak 1994. Melalui pelatihan, publikasi, bimbingan pelayanan, sertifikasi dan akreditasi internasional, JCI bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien di rumah sakit.

Berdasarkan pada undang-undang kesehatan Nomor 44 Tahun 2009 Pasal 40 ayat (1), dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali.

Akreditasi merupakan salah satu elemen penting bagi rumah sakit untuk menggambarkan kualitas layanan yang diberikan kepada pasien.

“Sebuah rumah sakit yang baik, tidak hanya dilihat dari lengkapnya fasilitas dan banyaknya jumlah dokter spesialis maupun sub-spesialis nya saja," jelas ucap Dr. Susan Ananda selaku CEO dari RSPJ dalam keterangan pers, Senin (9/1)

"Tetapi mutu pelayanan serta komitmen terhadap keselamatan pasien dan mutu rumah sakit menjadi sebuah tolok ukur yang juga perlu dipertimbangkan,” ucap Susan.

Dr. Hartono Tanto, Direktur RS Premier Surabaya, mengatakan,“Rumah sakit yang memiliki akreditasi internasional menunjukan bahwa kualitas pelayanannya dari waktu ke waktu selalu di evaluasi sehingga terukur dengan baik."

Baca juga: 

"RSPS telah menjalankan ini semenjak tahun 2013 dan terus berkomitmen untuk menjaga kualitas pelayanan demi keselamatan pasien agar selalu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” jelasnya.

“Kami Ramsay Sime Darby Health Care (RSDH) tentu sangat bangga atas pencapaian RSPJ dan RSPS yang telah kembali dinyatakan lulus dan sekali lagi meraih sertifikat JCI. Ini semua berkat dukungan dan kerjasama dari semua tim di RSPJ maupun RSPS," jelas Peter Hong GCEO RSDH.

"Bukan hanya RSPJ dan RSPS namun grup RS Premier yang lain yaitu rumah sakit Premier Bintaro (RSPB) juga akan mengikuti JCI pada tahun 2023 mendatang," ujarnya.

"Proses mendapatkan akreditasi bukanlah sebah proses yang mudah, untuk itu kami sekali lagi sangat menghargai pencapaian dari seluruh rumah sakit dalam naungan RSDH atas upaya yang dilakukan dalam menjaga kualitas dari mutu pelayanan rumah sakit dan keselamatan pasien,” tutur Peter Hong. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

Kemenag

BPJPH Beri Konsultasi Sertifikasi Halal Gratis di Pameran Satu Abad NU

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:50 WIB
BPJPH membuka layanan konsultasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 pada Pameran 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa...
Kemenag

Kementerian Agama Waspadai Isu Fanatisme Kelompok di Tahun Politik

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:35 WIB
WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta jajaran Kemenag mewaspadai isu fanatisme kelompok di tahun...
Antara

Pemerintah Siapkan Program Haji Ramah Lansia dan Berkebutuhan Khusus

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:25 WIB
KEMENTERIAN Agama menyiapkan program Haji Ramah Lansia dan Haji Berkebutuhan Khusus untuk pelaksanaan musim haji tahun ini karena banyaknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya