Senin 09 Januari 2023, 09:34 WIB

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, PNJ Hadirkan Lab Teknologi Terpadu

Faustinus Nua | Humaniora
Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, PNJ Hadirkan Lab Teknologi Terpadu

Dok.PNJ
Ilustrasi

 

UNTUK meningkatkan kualitas layanan pendidikan vokasi, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menghadirkan Gedung Laboratorium Terpadu Pusat Unggulan Teknologi (PUT). Gedung baru yang diresmikan Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemendibud-Ristek Kiki Yuliati itu akan menjadi sentral untuk mahasiswa di seluruh jurusan, terutama untuk rumpun teknik/ rekayasa dalam mengimplementasikan praktik kerjanya.

“Gedung Laboratorium Terpadu ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa,” kata Kiki dalam keterangannya, Senin (9/1).

Selain meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi mahasiswa, laboratorium itu juga bisa meningkatkan pendapatan kampus. Hal ini mengingat PNJ menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) satker badan layanan umum (BLU) di Indonesia.

Baca juga: Asita Pariwisata Lakukan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

“Gedung baru ini bisa meningkatkan pendapatan kampus di luar UKT (Uang Kuliah Tunggal) untuk meningkatkan layanan pendidikan dan membahagiakan para dosen dan tenaga kependidikannya. Tidak ada mahasiswa yang bahagia kalau dosen sendiri tidak bahagia,” ujarnya.

Gedung Laboratorium Terpadu ini didanai Program Hibah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2022. Menurut Kiki, pembangunan gedung tersebut merupakan bukti nyata kehadiran negara dalam rangka menyiapkan pendidikan terbaik bagi para mahasiswa yang kelak akan mengisi peran-peran penting saat Indonesia memasuki usia emas pada tahun 2045.

Lebih lanjut, Kiki mengatakan gedung dan fasilitas baru itu akan menjadi suatu kekuatan besar bagi Indonesia di masa depan. Oleh karena itu, dia berharap, dari gedung PUT baru tersebut nantinya dapat melahirkan sumber daya manusia yang mumpuni, calon pemimpin bangsa masa depan, para direktur politeknik, maupun pemimpin-pemimpin perusahaan besar di Indonesia kelak.

“Kami mohon apapun upaya yang kita lakukan, jadikan kepentingan mahasiswa adalah yang utama. Karena kalianlah (mahasiswa) yang akan menjaga Indonesia pada saat Indonesia memasuki usia emas,” lanjut Kiki.

Sementara itu, Direktur PNJ, Zainal Nur Arifin, menambahkan bahwa selain untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Gedung Laboratorium Terpadu PUT itu akan digunakan sebagai training center ataupun uji kompetensi. Secara khusus terkait bidang teknik yang bisa dimanfaatkan oleh industri maupun oleh masyarakat.

“Saat ini kami sudah bekerja sama dengan PT Liugion Indonesia untuk menjadikan PUT ini sebagai training center mereka,” tutur Zainal. PT Liugion Indonesia merupakan salah satu perusahaan alat berat yang berbasis di Tiongkok. Kerja sama yang melibatkan PNJ dan perusahaan tersebut hingga saat ini berlangsung dengan baik. (H-3)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Pertumbuhan Kunjungan Wisnus Antisipasi Dampak Resesi Global Sektor Pariwisata

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 07:30 WIB
Harapan terhadap wisatawan nusantara (Wisnus) sangat besar agar sektor pariwisata nasional dapat terus tumbuh sesuai...
MI/Belvania Sianturi

HPN 2023, Kemenkominfo Ajukan Regulasi Hak Penerbit

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 08 Februari 2023, 07:05 WIB
Ketua PWI Atal S Depari mengatakan sistem algoritma platform digital sering kali tidak menguntungkan...
ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Indonesia Bersama Empat Negara Asia Tenggara Usulkan Kebaya ke ICH UNESCO

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:15 WIB
Kelima negara Asia Tenggara yang mengenal kebaya sebagai busana tradisional perempuan itu mengusulkan melalui mekanisme nominasi bersama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya