Selasa 03 Januari 2023, 12:16 WIB

Ini Empat Makanan Pencetus Kolesterol yang Harus Anda Hindari

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Ini Empat Makanan Pencetus Kolesterol yang Harus Anda Hindari

MI/RAMDANI
Konsumen melintas di depan lemari pendingin berisi sosis dan daging olahan yang dijual di salah satu pasar swalayan di kawasan Jakarta Timur

 

PAKAR kesehatan mengingatkan angka kolesterol penting karena menunjukkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Pendiri Preventive Cardiology Consultants Elizabeth Klodas, MD, membagikan empat makanan dengan kolesterol tinggi yang harus orang-orang hindari.

Seperti disiarkan Medical Daily, belum lama ini, salah satu makanan yang dimaksud yakni daging olahan. 

Pakar kesehatan sejak lama mengingatkan kerugian makan daging olahan, seperti bacon dan hot dog karena meningkatkan kadar kolesterol. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan daging olahan mengandung natrium, lemak jenuh, dan karsinogen.

Baca juga: Jangan Abaikan Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya

Selanjutnya adalah daging merah. Klodas menegaskan daging merah, termasuk burger, iga, steak, dan potongan daging babi, mengandung lemak jenuh dan meningkatkan kadar kolesterol. 

Namun, karena hampir tidak mungkin bagi banyak orang untuk menghindarinya, dia menyarankan untuk makan daging merah
setidaknya seminggu sekali.

Makanan yang digoreng juga perlu dihindari. Menggoreng makanan biasanya meningkatkan jumlah kalori karena lemak jenuh atau trans dan kolesterol diserap oleh makanan selama proses tersebut, kata Klodas.

Selain itu, makanan yang dipanggang seperti biskuit, cake, dan kue kering karena biasanya padat kalori dan rendah nutrisi. Hidangan ini juga mengandung banyak gula dan lemak jenuh yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Klodas menegaskan cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjauhi makanan pemicu kolesterol tinggi tersebut. 

Dia menyarankan makan pilihan yang lebih sehat. Alih-alih daging merah, pilihlah protein tanpa lemak dari ikan, singkirkan makanan yang digoreng dan pilih kangkung atau brokoli. 

Untuk makanan olahan, tidak ada alternatif yang lebih baik selain menghindarinya.

Sedangkan untuk makanan yang dipanggang, cara terbaik adalah memanggangnya di rumah dan mengontrol jumlah lemak dan gula yang digunakan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

dok.ist

Srikandi Ganjar ikut Tekan Angka Perempuan Putus Sekolah di Jabar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 10:09 WIB
KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat pada tahun ajaran 2020/2021 ada ribuan anak putus...
dok.Isr

Pada 2022, Aircraft Cleaning PT GDPS Temukan Barang Penumpang Capai Rp300 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:55 WIB
SIKAP menjunjung tinggi nilai integritas Aircraft Cleaning PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS) menunjukkan hasil yang baik di tahun...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko S

Peringati Hari Lahan Basah Sedunia, KLHK Tanam 30 Ribu Mangrove

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:37 WIB
Tidak hanya menanam mangrove, KLHK bersama mitra menyemai bibit kerang sebanyak 20 ribu bibit yang kondisinya sehat dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya