Rabu 28 Desember 2022, 23:16 WIB

Kemenag: Kewajiban Pembiayaan Pesparawi 2022 Sudah Diselesaikan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Kemenag: Kewajiban Pembiayaan Pesparawi 2022 Sudah Diselesaikan

MI/HO
Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama Jeane Maria Tulung

 

DIRJEN Bimas Kristen Kementerian Agama Jeane Maria Tulung, menegaskan bahwa pihaknya sudah menyelesaikan semua kewajiban pembiayaan dalam penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) 2022.

Penegasan ini disampaikan Jeane menyusul adanya berita tentang tunggakan pembayaran hotel pada Pesparawi XIII yang berlangsung di DI Yogyakarta, Juni 2022.

"Kemenag tidak punya tunggakan. Bantuan untuk pembiayaan kegiatan telah diserahkan ke panitia. Sesuai kesepakatan, jika anggaran kegiatan kurang pihak EO yang mencari kekurangannya," tegas Jeane lewat pernyataannya, Rabu (28/12).

Jeane menjelaskan Pesparawi 2022 diselenggarakan atas kerja sama empat pihak, yakni Kemenag, Lembaga Pengembangan Pesparawi Nasional (LPPN) dan Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD), serta Pempda DIY. Para pihak sejak awal sudah bersepakat dengan pembagian tugas dan tanggung jawab masing-masing.

"Sesuai kesepakatan, pembiayaan ditanggung para pihak, Kemenag, tuan rumah, serta LPPN dan LPPD. Selanjutnya Pemda menerbitkan surat penunjukkan PT Digsi sebagai EO yang diberi tugas juga untuk mencari sponsor," terang Jeane.

"Kami melalui Kemenag DIY bertanggung jawab pada pembiayaan anggaran sebesar Rp20 miliar. Pemda DIY, lanjut Jeane, juga sudah menyalurkan anggaran Rp10 miliar. Itu seluruhnya sudah kita tunaikan," lanjutnya.

Pesparawi 2022 diperkirakan menelan biaya Rp40-50 miliar. Jika ada kekurangannya sebagaimana kesepakatan tertulis, menjadi tanggung jawab EO yang ditunjuk untuk mencari sponsor.

"Jadi, Kemenag sudah selesaikan seluruh tanggung jawabnya. Kami juga menyimpan surat pernyataan bahwa EO sanggup mencarikan kekurangan biaya," sebutnya.

Terkait kontrak perhotelan, Jeane menegaskan bahwa sesuai kesepakatan, itu juga sepenuhnya dilakukan oleh dan menjadi tanggung jawab pihak EO. Sehingga, tegasnya, tidak ada kaitan dengan Kemenag. (OL-8)

Baca Juga

DOK.MI/ARYA MANGGALA.

Pukat UGM: Gagalnya Strategi Berantas Korupsi Masa Pemerintahan Jokowi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 01 Februari 2023, 00:29 WIB
Indeks political risk service (PRS) Indonesia di tahun 2022 memang turun hingga 13 poin di angka 35. Pada tahun 2021, PRS Indonesia...
Ist

UP Siap Wujudkan Jadi Universitas Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:59 WIB
Sebagai wujud tanggung jawab membumikan nilai Pancasila di UP PSP menggelar acara Sosialisasi Road Mapyang yang disusun PSP tahun...
Dok BMI

BMP Beri Perhatian Khusus Masalah Stunting

👤Media Indonesia 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:30 WIB
BUNDA Merah Putih (BMP) memberikan perhatian khusus kepada masalah stunting yang terjadi di sejumlah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya