Rabu 28 Desember 2022, 18:05 WIB

Produksi Vaksin Sejarah Penanganan Covid-19

Gana Buana | Humaniora
Produksi Vaksin Sejarah Penanganan Covid-19

DOK IST
Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K Lukito (kanan).

 

SEPANJANG perjuangan melawan covid-19, Indonesia telah berhasil memproduksi tiga jenis vaksin covid-19. Hal ini merupakan sejarah penting Indonesia dalam upaya pengendalian covid-19. 

Adapun tiga vaksin tersebut adalah, Vaksin Inavac, Vaksin Indovac, dan Vaksin mRNA AWCorna.

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K Lukito mengatakan, tiga vaksin tadi mengurangi ketergantungan Indonesia dari vaksin impor. Selain itu hadir dua industri farmasi produsen vaksin yaitu, PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia dan PT Etana Biotechnologies Indonesia. 

“Capaian dan lompatan luar biasa dalam industri farmasi Indonesia dalam produk biologis yang memproduksi vaksin Covid-19 adalah hal yang sangat membanggakan sekali,” kata Penny dalam keterangan resminya, Rabu (28/12).

Menurut Penny, BPOM RI berhasil mendorong dan mengawal pengembangaan tiga vaksin Covid-19 (Indovac, Inavac, dan mRNA AWCorna) mulai dari awal penelitian sampai tahap akhir dengan diberikannya Emergency Use Authorization (EUA).

Selain itu, lanjut dia, BPOM telah bersinergi dengan Polri mengungkap penyebab utama kasus gagal ginjal akut progresif atipikal atau acute kidney injury (AKI) pada anak yang menyebabkan 199 kematian dari 324 kasus.Kejadian ini sebagian besar disebabkan oleh keracunan cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) dalam pelarut obat sirup.

Payung hukum berupa RUU Pengawasan Obat dan Makanan tengah diperjuangkan di DPR RI ini sangat dibutuhkan untuk bisa secara efektif melindungi 274 juta penduduk Indonesia dari obat dan makanan yang tidak memenuhi standar.

Deretan Penghargaan
Dikatakan, dalam lima tahun terakhir, BPOM RI berhasil mendapatkan pengakuan dan mencapai maturitas tinggi oleh WHO serta juga berhasil sejajar dengan otorita obat dan makanan negara maju. Di dalam negeri sendiri, BPOM terus mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari berbagai kementerian dan lembaga yang rutin mengevaluasi dan menilai kinerja K/L, Badan, dan Pemda dikaitkan dengan keterbukaan dan pelayanan.

“Penghargaan tersebut adalah bentuk pengakuan nyata terhadap kinerja BPOM RI yang harus menjadi cambuk untuk berbuat lebih baik dan terbaik dalam pengawasan obat dan makanan ke depan”. Kata Penny.

Baca juga: Kesehatan Mental adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

Bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, BPOM pada 22 Desember 2022 ini mendapatkan anugrah Tingkat Pertama Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tertinggi Kategori Lembaga Pemerintah dari Ombudsman RI. Penghargaan tersebut melengkapi dua penganugerahan dari Kementerian PAN-RB yang diberikan pada awal Desember 2022 yaitu melalui Balai Besar POM (BBPOM) di Surabaya masuk pada TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik untuk Inovasi Gerakan Mengawal Usaha Pertumbuhan Rakyat Jawa Timur (Gempur Jatim) dan BBPOM di Yogyakarta meraih penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik “Pelayanan Prima” pada katagori Kementerian/Lembaga Umum.

Pada Juni lalu BPOM juga mendapatkan penghargaan Anggakara Birawa karena masuk katagori Outstanding Achievement pada kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik (P4). Kepala BPOM juga meraih penghargaan sebagai Pembina Pelayanan Publik katagori Pelayanan Prima lingkup kementerian/lembaga yang diterima pada awal tahun ini.

Pada pertengahan Desember ini, BPOM RI juga mendapatkan penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud dimana BPOM meraih anugrah Mitra Kerjasama Pendukung Program Diktiristek Katagori Lembaga Instansi Pemerintah. Dalam pencapaian BPOM RI menerapkan reformasi hukum, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly juga menganugerahi penghargaan. 

“Indek Reformasi Hukum (IRH) BPOM 2022 sebesar 96,25 dengan katagori AA atau Istimewa,” kata Penny.

Pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) BPOm mendapatkan penghargaan Anugerah Meritokrasi 2022 yang digelar oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada 8 Desember lalu. BPOM menjadi Lembaga Negara peraih kategori “Sangat Baik”. Masih pada bulan ini, Kemen PAN-RB pada acara Kick Off ASN Culture Fest 2022 yang diselenggarakan pada 13 Desember 2022 juga memberikan penghargaan khusus karena mampu menginternalisasi nilai BerAKHLAK pada pembinaan Aparatur Sipil Negara di jajaran BPOM RI.

Tiga tahun berturut-turut BPOM RI mendapatkan gelar Badan Publik “Informatif”. Penganugerahan yang diberikan oleh Komisi Informasi Pusat diserahkan pada 14 Desember 2022. 

Menutup tahun 2022, suksesnya event puncak Presidency G20 di Bali di mana BPOM juga terlibat dalam memastikan produk yang dikonsumsi selama penyelenggaran G20 aman memenuhi standar.

“Menyambut tahun 2023, kami bertekat untuk lebih baik lagi. Jika UU Obat dan Makanan akhirnya terwujud, ini merupakan lompatan sejarah bersama dalam upaya kita memastikan rakyat Indonesia akan mengkonsumsi obat dan makanan yang aman, berkasiat, dan bermutu menuju Indonesia Emas 2045,” tandas dia. (R-3)

Baca Juga

MI/Seno

Ucapan Isra Mi'raj untuk Instagram Berisikan Doa dan Harapan

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 01 Februari 2023, 16:15 WIB
Isra Mi'raj merupakan peristiwa saat Rasulullah SAW mendapatkan perintah menjalankan salat lima waktu untuk pertama...
MI/Pius Airlangga

NasDem Desak Kemendikbudristek Punya Strategi Pendidikan Seksual yang Tepat bagi Remaja

👤Media Indonesia 🕔Rabu 01 Februari 2023, 16:00 WIB
Dispensasi nikah ini sebagai konsekuensi Indonesia tidak punya perangkat yang kuat baik dari segi kebijakan maupun strategi aksi terhadap...
MI/RAMDANI

5,47 Juta Wisman Berkunjung ke Indonesia di 2022, Lampaui Target Pemerintah

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:57 WIB
Angka tersebut melampaui target kunjungan wisman yang ditetapkan pemerintah, yakni 3,6 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya