Selasa 27 Desember 2022, 12:52 WIB

Dosen UGM: Erick Thohir Sukses Bangun BUMN Tanggap Pandemi Covid-19

mediaindonesia.com | Humaniora
Dosen UGM: Erick Thohir Sukses Bangun BUMN Tanggap Pandemi Covid-19

Ist
Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi saat melakukan peninjauan ke Wisma Atlet yang jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC)

 

PEMERINTAH berencana menghentikan operasional Wisma Atlet sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) pada akhir tahun ini.

RSDC yang dibuka guna menangani masyarakat yang terpapar covid-19 ini didirikan oleh Pemerintah bersama dengan dukungan BUMN ini akan dihentikan operasionalnya 31 Desember 2022.

Dr. dr. Rustamaji, M.Kes., Direktur Pengabdian kepada Masyarakat  UGM menilai kebijakan penutupan RSDC ini merupakan indikasi yang sangat baik atas usaha pemerintah dan BUMN untuk menekan penularan covid-19 di Indonesia.

Penanganan penularan covid-19 ini dapat dilakukan dengan sangat baik karena keberhasilan pemerintah dan BUMN untuk melakukan vaksinasi.

"Dengan adanya herd immunity ini penularan covid-19 yang extream sudah dapat dikendalikan. Selain itu pasien yang selama ini tak tertangani di rumah sakit umum, kini dapat ditangani," kata Rustmaji dalam keterangan, Selasa (27/12).

"RSDC ini ada untuk menangani pasien yang tak tertangani di rumah sakit umum. Kami apresiasi terhadap kontribusi BUMN yang selama ini mendukung program Pemerintah dalam penanganan covid-19 di Indonesia. Khususnya dalam menyiapkan RSDC ini," terangnya.

Peran BUMN dalam penanganan covid-19 di Indonesia, dinilai Rustamaji, sangat strategis dan vital.

Bahkan ketika pandemi covid-19 mengalami lonjakan, hampir seluruh BUMN mengambil peran aktif.

Bahkan BUMN di luar kesehatan juga turut membantu pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Seperti turut memberikan bantuan pendanaan, alat pelindung diri (APD) kepada tenaga kesehatan maupun masyarakat.

Jika penanganan covid-19 dilakukan menggunakan APBN, menurut Rustamaji, selain membuat APBN membengkak, proses pencairan dananya juga membutuhkan waktu yang cukup panjang.

"Dengan bantuan dari BUMN membuat penanganan covid-19 semakin cepat terselesaikan," ucapnya.

Bahkan BUMN farmasi seperti Biofarma, Kimia Farma dan Indofarma, menurut Rustamaji, mengambil peran terdepan dalam mendatangkan vaksin, alat test PCR maupun obat covid-19.

Baca juga: Wisma Atlet Ditutup, Ini Peran Kementerian BUMN di Awal Pandemi

Bahkan saat ini Biofarma sudah mampu membuat vaksin covid-19 dengan teknologi mRNA.

Lebih lanjut Rustamaji mengatakan, ketika BUMN membuat vaksin covid-19, mendatangkan vaksin, alat test PCR maupun obat covid-19, mereka melakukan investasi yang tak sedikit.

"Kalau dihitung secara bisnis mungkin BUMN masih rugi. Namun niat BUMN saat itu hanya ingin membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam penanganan covid-19," paparnya.

"Sehingga BUMN kita bisa menunjukan dua peran sekaligus yaitu pelayanan ke masyarakat dan memberikan keuntungan ke Negara. Peran ini yang tak bisa diberikan swasta Nasional. Sehingga saya menilai peran BUMN dalam penanganan covid-19 sangat luar biasa," ungkap Rustamaji.

Rustamaji menilai beraninya BUMN mengambil peran dalam penanganan covid-19 tak lepas dari dukungan dan inisiatif yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir yang memiliki kepedulian kepada Negara dan masyarakat.

Bahkan dengan jaringan yang dimilikinya, menurut Rustamaji, Erick bisa mendapatkan akses vaksin dan obat covid-19.

"Dengan jaringan yang dimiliki pak Erick dan beberapa menteri lainnya, Indonesia bisa mendapatkan akses vaksin dan obat. Pak Erick berani pasang badan untuk menyiapkan vaksin dan obat," katanya.

"Langkah tersebut patut kita apresiasi. Saya bicara ini berdasarkan fakta kalau Erick memiliki banyak terobosan dalam mendapatkan vaksin dan obat. Bukan karena menjelang pemilu," ucap Rustamaji. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok Ist

Maritime Awards Bisa Gerakkan Pembangunan Sektor Maritim

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 19:46 WIB
Maritime Awards dapat menyuarakan pada para pemangku kepentingan bangsa ini untuk serius membangun sektor maritim...
MI/HO

IKAPI Lantik Pengurus Periode 2022-2027

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 18:40 WIB
"Sebagai organisasi yang matang secara usia, kita semua harus terus berupaya untuk menjaga profesionalisme dengan cara meningkatkan...
Ist

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

👤mediaindonesia.om 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 17:58 WIB
TM Beras adalah mesin pembagi bantuan beras bagi keluarga yang membutuhkan dengan menggunakan teknologi kartu elektronik mirip seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya