Senin 05 Desember 2022, 10:45 WIB

Ini 12 Hiasan Natal untuk Memeriahkan Suasana

Meilani Teniwut | Humaniora
Ini 12 Hiasan Natal untuk Memeriahkan Suasana

ANTARA/Adwit B Pramono
Pengunjung melihat dekorasi hiasan bertema Natal yang dijual di Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara.

 

HARI Natal identik dengan suasana cita rasa dari keluarga yang menyatu dan membawa kebahagiaan. Berbagai dekorasi rumah dengan pernak-pernik yang unik juga ikut memeriahkan kebahagiaan Natal.

Selain pohon Natal, banyak pula aksesoris lain yang harus ada dalam momen ini. Bahkan di antaranya juga mengandung makna yang mendalam jika diletakkan di dalam rumah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 12 pernak-pernik Natal yang patut Kamu ketahui dan miliki :

1. Pohon Natal

Pohon natal atau pun kecil bisa menjadi perhatian keluargamu. Berbeda dengan tradisi natal di luar negeri yang bisa memilih pohon natal asli, dekorasi natal berupa pohon natal di negara Asia harus cukup puas dengan tanaman pohon natal artifisial seperti dari plastik atau kayu buatan.

Baca juga: Tradisi Natal Unik di Berbagai Belahan Dunia

Dekorasi natal ini sudah banyak tersedia dalam berbagai ukuran, bahan, dan kualitas yang bisa Kamu pilih. Bahkan Kamu juga bisa menciptakan sendiri pohon natal anti-mainstream dengan rekayasa gembar-gembor, buku atau bahan-bahan unik.

2. Lampu Natal

Sebagian besar berpendapat lampu Natal adalah pengingat agar umat Kristen tetap berada di jalan Kristus. Dengan begitu lampu natal bisa menjadi hiasan untuk membuat dekorasi. . 

Kerlap kerlip lampu natal  identik dengan kehangatan dan keceriaan natal. Kania sarankan agar kalian memiliki beberapa untaian lampu natal lengkap dengan kabelnya dalam ukuran yang berbeda-beda.

3. Bintang di Puncak Pohon

Tidak cukup jika hanya terdapat pohon natal tanpa menggunakan bintang. Dengan menambahkan bintang pada pohon natal akan memberikan keindahan dan melambangkan bintang timur yang menuntun tiga orang majus untuk kembali ke Betlehem tempat Yesus dilahirkan.

4. Dekorasi Lampu Natal

Dekorasi lampu Natal mampu memberikan nuansa hangat danceria di dalam ruangan. Kelap-kelip dari lampu juga bisa menambahkan keindahan pada beberapa sudut rumah lainnya. Ini dia rekomendasi lampu LED yang bisa kamu pilih untuk menghias rumah.

5. Figur Natal

Biar suasana Natal lebih terasa, kamu bisa menambahkan figur khas Natal, seperti Santa Claus, rusa kutub, dan manusia salju. Kamu memadukannya dengan beberapa hiasan Natal lain, seperti gantungan bola warna-warni dan kepingan salju (snowflakes).

6. Kado Natal

Natal memang tidak pernah jauh dari bingkisan kado dan acara tukar hadiah antar anggota keluarga. Umumnya dekorasi natal yang satu ini sering diletakkan di bawah pohon natal untuk menyemarakkan suasana, tapi kamu boleh meletakkannya secara acak di berbagai sudut ruangan atau di dalam rak buku atau rak display.

7. Dekorasi Kaus Kaki Natal

Kamu tentu sering melihat dekorasi kaus kaki saat Natal. Hal ini bermula dari cerita Santa Claus yang selalu turun melalui cerobong asap untuk meletakkan kado Natal ke dalam kaus kaki.

Sejak saat itu, banyak orang membuat dekorasi kaus kaki di setiap sudut rumah, mulai dari pohon Natal, railing tangga, dan hiasan dinding.

8. Christmas Wreath

Kamu tentu sudah sering melihat dekorasi Natal satu ini. Rangkaian bunga yang disusun manis membentuk lingkaran ini selalu setia menghiasi dinding ruang makan, depan pintu, dan jendela rumah.

Supaya tampilannya lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan dedaunan hijau dengan dekorasi pita merah menyala.

9. Lilin Natal

Lilin natal kerap dianggap sebagai simbol cahaya dan harapan yang lebih baik. Nggak heran kalau dekorasi natal ini wajib hadir menghiasi rumahmu. Sebagai solusi dari lilin natal biasa, kamu bisa memilih dekorasi natal berupa lilin elektronik yang praktis dan efisien.

Lilin elektronik memang sedikit lebih mahal daripada lilin biasa, tetapi tahan dipakai bertahun-tahun lamanya. Supaya suasana rumah lebih cantik, lilin dekorasi natal bisa ditaruh di dalam sangkar burung berukuran kecil. Hasilnya pasti keren dan artistik!

10. Lentera Natal

Hampir sama dengan lilin, lentera natal punya makna 'cahaya dalam bayangan' yang menjadikan nuansa natal begitu spesial. Lentera natal dengan bola lampu sudah menjadi dekorasi natal modern yang lebih praktis dan tidak berbahaya. Lentera natal bisa digantung secara leluasa, ditempatkan di dekat jendela, atau ditaruh di depan pintu rumah secara berpasangan.

11. Dekorasi Natal Garland

Karangan bunga hijau ini cocok untuk memeriahkan beberapa bagian rumah kamu. Bentuknya yang menjuntai panjang, bisa memudahkan kamu saat menghias di sekitar tangga, dinding ruangan, dan pohon Natal.

12. Gingerbread dan Candy Cane

Kedua camilan ini merupakan simbol Natal yang khas. Karena bentuknya yang unik, orang-orang sering kali menjadikannya sebagai miniatur hiasan.

Gingerbread sendiri memiliki makna kasih dan cinta untuk orang tersayang. Oleh karena itu, kamu harus menghadirkan camilan satu ini saat merayakan momen Natal bareng orang terkasih.

Selain gingerbread, ada juga candy cane sebagai aksesoris Natal. Tiga garis kecil pada permen satu ini memiliki makna kekuatan Yesus untuk menyembuhkan, sedangkan tiga garis besar lainnya menyimbolkan darah Yesus yang tumpah di kayu salib. (OL-1)

Baca Juga

Omar HAJ KADOUR / AFP

PP Muhammadiyah Sampaikan Dukacita Atas Musibah Gempa Bumi Turki dan Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 00:32 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir berharap bencana tersebut dapat segera termitigasi dengan sigap di kedua...
Antara

Baru 10 RS yang Bisa Lakukan Bedah Jantung Terbuka, Menkes: Perlu Kolaborasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 06 Februari 2023, 23:51 WIB
Saat ini, masih dibutuhkan 1.282 spesialis jantung dan pembuluh darah, serta spesialis lainnya untuk memberikan layanan jantung dan...
FOTO ANTARA/Fanny Octavianus

IDEAS Sebut 108 Lembaga Zakat Bukan Tak Berizin Tapi Tak Diberi Izin

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 06 Februari 2023, 23:20 WIB
IDEAS Sebut 108 Lembaga Zakat Bukan Tak Berizin Tapi Tak Diberi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya