Sabtu 03 Desember 2022, 20:47 WIB

Job Fair Untuk Disabilitas Jakarta Diserbu Para Pencari Kerja

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Job Fair Untuk Disabilitas Jakarta Diserbu Para Pencari Kerja

ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan
Penyandang disabilitas mencari informasi lowongan kerja dalam pameran bursa kerja di Lapangan Banteng, Jakarta

 

MEMPERINGATI Hari Disabilitas Internasional, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional/ Bazis DKI mengadakan Job Fair untuk Disabilitas.

Event ini menjadi peluang bagi para penyandang Disabilitas bisa mendapatkan pekerjaan yang setara. Puluhan orang dengan kursi roda terlihat sudah tiba dilokasi dengan membawa dokumen untuk melamar kerja. Ada juga yang menggunakan tongkat penyangga untuk sekedar mengantre memberikan dokumen ke perusahaan yang diinginkan.

Teman-teman yang hadir dalam giat mencari pekerjaan dari berbagai macam kalangan dan jenis disabilitas. Mereka sibuk saling berkomunikasi untuk bisa melamar pekerjaan. Terlihat juga para petugas mencoba berkomunikasi dengan isyarat kepada teman-teman yang tidak bisa berkomunikasi secara verbal.

Namun para petugas tetap melayani para penyandang Disabilitas ini dengan baik dan santun agar tetap merasa setara. Event ini diharapkan bisa membantu para penyandang Disabilitas mendapatkan pekerjaan yang layak.

Terdapat 20 perusahaan baik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun swasta yang siap untuk menyerap tenaga kerja disabilitas. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono juga hadir dan membuka kegiatan ‘Jakarta Cinta Disabilitas’ tersebut.

Program tersebut juga tidak hanya sekadar memberikan bantuan sesaat, tetapi juga sebagai bantuan bagi mereka untuk mandiri, produktif, dan berkarya.

Heru juga berkesempatan untuk menyampaikan apresiasi kepada seluruh kolaborator yang telah menyukseskan acara tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Baznas (BAZIS) DKI Jakarta, terutama Pak Akhmad Abubakar yang sudah memberikan semangat dan peluang untuk rekan-rekan kita penyandang disabilitas," ujar Heru saat sambutan, Sabtu (3/12).

Baca juga: Kemendagri Benarkan telah Izinkan Heru Copot Sekda DKI Jakarta

Event itu bertajuk, Jakarta Cinta Disabilitas merupakan puncak acara dari serangkaian program untuk disabilitas yang telah dilaksanakan oleh Baznas (BAZIS) DKI Jakarta.

Program tersebut di antaranya Distribusi Al Qur’an Braile sebanyak 30 penerima manfaat, Distribusi Murrotal Digital sebanyak 150 penerima manfaat, Bedah Rumah Disabilitas 6 rumah, Pekan Bagi Borong Dagangan 6 pedagang, serta Pelatihan Content Creator sebanyak 20 penerima manfaat dan Graphic Design sebanyak 18 penerima manfaat.

Ia mengatakan, hal tersebut adalah sebuah kolaborasi bersama, termasuk perusahaan yang sudah berinisiasi menerima rekan-rekan disabilitas untuk bekerja.

Selain itu, acara tersebut juga memberikan pelayanan kepada disabilitas berupa pembuatan SIM D/D1, pembuatan KTP dan pemeriksaan kesehatan. Semua pelayanan tersebut diberikan secara gratis untuk disabilitas. (OL-4)

Baca Juga

ITB

Belajar Air Hingga ke Negeri Sakura, Ini Cerita Mahasiswa ITB

👤Zubaedah Hanum 🕔Senin 06 Februari 2023, 06:00 WIB
SEPULUH mahasiswa Teknik Lingkungan ITB berkesempatan terbang ke Jepang untuk mempelajari pengelolaan sumber daya...
Kemenag

BPJPH Beri Konsultasi Sertifikasi Halal Gratis di Pameran Satu Abad NU

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:50 WIB
BPJPH membuka layanan konsultasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 pada Pameran 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa...
Kemenag

Kementerian Agama Waspadai Isu Fanatisme Kelompok di Tahun Politik

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:35 WIB
WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta jajaran Kemenag mewaspadai isu fanatisme kelompok di tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya