Kamis 24 November 2022, 18:15 WIB

Ini Daftar Cita-Cita Anak Zaman Sekarang

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Ini Daftar Cita-Cita Anak Zaman Sekarang

AFP/Odd Andersen.
Aktor AS Morgan Freeman (kiri) dan YouTuber Qatar Ghanim al Muftah selama pembukaan Piala Dunia Qatar 2022.

 

SAAT seorang anak menginjak usia dewasa, ia akan berhadapan dengan berbagai pilihan hidup seperti pekerjaan. Terdapat berbagai jenis pekerjaan yang dapat dipilih. 

Seiring perkembangan zaman, jenis pekerjaan yang baru pun mulai terbuka. Kesempatan dan peluang tersebut terbuka untuk semua anak. Di zaman sekarang, teknologi dan internet mulai mengambil bagiannya. Oleh karena itu, jenis pekerjaannya juga semakin berhubungan dengan dunia tersebut.

Contoh cita-cita zaman sekarang.

1. Youtuber.
2. Selebgram.
3. Chef.
4. Vlogger.
5. Atlet profesional.
6. Pengusaha.
7. Aktor/aktris.
8. Penyanyi.
9. Desain grafis.

Orangtua berperan penting dalam membimbing agar sang anak memilih cita-cita yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Berikut beberapa tips untuk menentukan cita-cita yang cocok dengan anak.

Tentukan yang disukai anak

Mulailah dari hal yang anak sukai saat memilih cita-cita. Dari hal yang disukai itulah seseorang dapat menemukan sesuatu yang istimewa dalam dirinya dan bisa dijadikan cita-cita untuk masa depan, termasuk menjadikan hobi yang disukainya sebagai cita-cita.

Kompetensi diri anak

Kompetensi dapat muncul saat seseorang dengan rutin dan konsisten melatihnya. Ketika ada kecocokan antara kompetensi dengan peran atau jalan yang ingin diambil, jalan untuk mewujudkan cita-cita sang anak akan lebih mudah tercapai.

Idola

Idola dapat memberikan inspirasi kepada anak dalam menentukan cita-citanya. Sang anak dapat memperoleh inspirasi kehidupan yang ingin diraihnya saat melihat idolanya tersebut.

Pahami minat terbesar

Passion atau minat merupakan sesuatu yang dapat diasah dan juga muncul sebagai kelebihan ketika sering dilatih sehingga dapat memberikan manfaat di masa depan. Tekuni terus minat tersebut hingga terasa hasilnya.

Tentukan target dari minat

Target yang diperoleh sang anak dapat membimbingnya untuk meraih cita-cita yang diinginkan. 

Wawasan

Selain itu, anak juga harus memperluas wawasan terkait hal yang dia minati. Wawasan akan membuka mata dan pikiran tentang banyak hal di dunia ini yang menarik dijadikan bagian dari hidup.

Manfaat untuk masyarakat

Tidak hanya manfaat untuk diri sendiri, ada baiknya juga jika cita-cita yang diminati sang anak dapat bermanfaat untuk orang-orang di sekitarnya. Ada banyak bidang pekerjaan yang bisa dipilih sebagai perwujudan cita-cita sang anak dalam menyumbangkan pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Melihat tren yang ada

Tren pekerjaan dapat berbeda-beda tiap eranya. Anak Anda mungkin dapat mengikut tren yang ada dan populer di saat ini. Tentu saja tujuannya bukan semata-mata mengikuti tren, tetapi untuk mendapatkan pekerjaan yang dapat bertahan hingga beberapa tahun ke depan. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Resmikan AMN, Presiden: Memperkuat Persatuan Mahasiswa

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 29 November 2022, 18:15 WIB
Setelah Surabaya, pemerintah akan membangun Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di berbagai kota. Seperti, Manado, Yogyakarta dan...
Antara

20 Satwa Liar Endemik Dilepasliarkan di Suaka Alam Gunung Sahuwai

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 29 November 2022, 18:00 WIB
Sebelum dilepasliarkan, sejumlah satwa terlebih dahulu menjalani proses karantina, rehabilitasi dan pemeriksaan kesehatan di Kandang Pusat...
Ist

Peduli Kelestarian Alam, Prasetiya Mulya Menanam 1.454 Bibit Mangrove

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 16:48 WIB
Universitas Prasetiya Mulya melakukan tindakan nyata melalui gerakan menanam bibit mangrove sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya