Senin 21 November 2022, 21:19 WIB

Sumber Vitamin B yang Tinggi dari Sayur dan Buah

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Sumber Vitamin B yang Tinggi dari Sayur dan Buah

Antara/Aloysius Jarot Nugroho.
Petani hidroponik Rina Tri Wahyuni memanen tanaman bayam brasil di Azalea Farm, Kebonbimo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022).

 

VITAMIN B merupakan salah satu jenis nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Melansir dari laman halodoc, berbagai jenis dari vitamin B sangat bermanfaat bagi kesehatan pada tubuh.

Berbagai manfaat dari vitamin B. Lebih detail, vitamin B1 untuk mendukung kesehatan saraf dan sumber energi, vitamin B2 untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, vitamin B3 bisa memastikan kinerja sistem saraf, vitamin B5 untuk pertumbuhan dan produksi hormon, vitamin B6 untuk menjaga metabolisme, vitamin B7 berfungsi sebagai pemecah lemak dan karbohidrat, vitamin B9 untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan, dan vitamin B12 yang membantu produksi sel darah merah.

Faktanya, vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin yang mengandung efek kesehatan yang variatif dan baik. Oleh karena itu, konsumsi vitamin B cukup tinggi pada manusia. Anda tidak perlu memperoleh vitamin B dari pil atau obat obatan, tetapi juga dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur. 

Sumber vitamin B dari sayur

Sayuran menjadi salah satu sumber dari vitamin B. Berbagai jenis sayur yang umum dikonsumsi dapat menjadi salah satu sumber dari vitamin B. Misalnya, bayam merupakan salah satu sumber vitamin B. Dalam 85 gram bayam mentah, terdapat 41% RDI vitamin dan dalam bayam yang sudah masak terdapat 31% RDI.

Bukan hanya bayam, berbagai jenis sayuran seperti collard juga mengandung vitamin B. Dalam 85 gram sayuran collard mengandung 20% RDI vitamin B9.

Berbagai sayuran hijau lain seperti lobak juga menjadi salah satu sumber vitamin B. Dalam 85 gram sayur lobak, terdapat setidaknya 25% RDI.

Sumber vitamin B dari buah

Berbagai jenis buah juga mengandung Vitamin B. Buah-buahan seperti jeruk limau gedang yang mengandung vitamin B2, nanas yang mengandung vitamin B1, persik yang mengandung vitamin B3, jeruk yang mengandung vitamin B5, semangka yang mengandung vitamin B6, melon yang mengandung vitamin B kompleks. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pelibatan Disabilitas dalam Pembangunan Infrastruktur masih Minim

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 19:30 WIB
Karena belum banyak melibatkan peran kelompok disabilitas mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaannya. Sehingga masih banyak...
Dok.MI

Infrastruktur Inklusif Untuk Disabilitas Masih Minim

👤Naufal Suhdi 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:55 WIB
Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia, Gufron Sakaril mengatakan Infrastruktur yang inklusif adalah infrastruktur yang ramah...
Ist

Teknologi Laser Terbaru Pulihkan Mata Rabun Lebih Cepat dan Nyaman

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:47 WIB
ReLEx SMILE PRO memungkinkan pasien untuk langsung beraktivitas seperti biasa dan produktif kembali pada keesokan harinya pasca...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya