Minggu 20 November 2022, 19:45 WIB

Cara Atasi Bopeng dengan Laser CO2 Fractional

Mediaindonesia.com | Humaniora
Cara Atasi Bopeng dengan Laser CO2 Fractional

DOK Pribadi.
Ilustrasi pasien yang menjalani laser CO2 fractional.

 

ACNE scar atau biasa yang lebih dikenal dengan sebutan bopeng akibat bekas jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh pria ataupun wanita. Scar bekas jerawat sangatlah memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Karena itu, banyak sekali pasien datang ke klinik estetika untuk memperbaiki kondisi kulit yang mereka alami.

Acne scar muncul akibat peradangan pada jerawat yang membentuk jaringan ikat sehingga membuat kulit terlihat berlubang atau tampak seperti ada cekungan. Berdasarkan bentuk dan ukurannya, acne scar dapat dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu tipe rolling, boxcar, dan icepick.

Di Q Derma Clinic, salah satu treatment yang dapat dilakukan untuk mengatasi acne scar yakni, laser CO2 fractional. Laser CO2 fractional merupakan jenis perawatan laser yang menggunakan tenaga karbon dioksida (CO2) dan energi panas yang mengakibatkan trauma (luka) kecil pada lapisan terluar kulit untuk regenerasi sel kulit baru. Panas yang dihantarkan laser juga bertujuan merangsang produksi kolagen sebagai bahan dasar proses pemulihan scar.

"Selain untuk masalah acne scar, laser CO2 fractional membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi garis halus, membantu mengurangi masalah hiperpigmentasi serta meratakan tekstur dari permukaan kulit," ujar dr. Asteria Terry Tamarjaya dalam keterangan tertulis, Minggu (20/11).  Selain itu, pengerjaan laser CO2 fractional berlangsung selama 45 menit hingga 1,5 jam bergantung luas area kulit yang bermasalah pada pasien. 

Pascalaser kulit wajah akan berwarna merah dan membengkak selama 2-3 hari. Setelah itu akan dilanjutkan dengan proses pengeringan dan pengelupasan luka. Dengan perawatan yang tepat, wajah dapat pulih dalam kurun waktu 7-14 hari. Namun, waktu tersebut tetap bergantung pada kondisi kulit pasien yang menjalani perawatan. 

Selama masa pemulihan, pasien wajib untuk menjaga kebersihan wajah dengan mengindari debu dan asap rokok untuk mencegah infeksi. Selain itu pasien disarankan untuk menghindari aktivitas terlalu lama di bawah sinar matahari dan sauna. Apabila rasa nyeri pascalaser CO2 fractional tidak tertahankan, biasanya dokter akan meresepkan pasien obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen

Sebelum menjalani teknik laser ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Untuk konsultasi awal dapat melalui Instagram di @qdermaclinic.jkt, Whatsapp ataupun berkunjung langsung ke Q Derma clinic di Jalan Raya Kebun Jeruk 3A, Jakarta Barat. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Nova Wahyudi.

30 Contoh Soal Psikotes Kerja dan Jawabannya

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 28 November 2022, 21:26 WIB
Soal psikotes apa saja jenis soal psikotes dan contoh soalnya? Berikut penjelasan dan...
DOK Untar

Untar Kirim Tim Medis Bantu Penanganan Korban Gempa Cianjur

👤Widhoroso 🕔Senin 28 November 2022, 21:22 WIB
FAKULTAS Kedokteran Universitas Tarumanagara (FK Untar), Jakarta bekerja sama dengan GP Anshor DKI mengirim tim medis untuk membantu...
Ist

PPATK dan BCA Rehabilitasi Lahan Konservasi Orangutan di KaltimĀ 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 20:20 WIB
BCA bersama Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) bersinergi melanjutkan upaya-upaya pelestarian lingkungan melalui berbagai insiatif...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya