Sabtu 19 November 2022, 17:07 WIB

Peserta Kongres BPJPH Kunjungi Tempat Wisata Halal

Hariyanto Mega | Humaniora
Peserta Kongres BPJPH Kunjungi Tempat Wisata Halal

MI/Hariyanto Mega
Peserta Kongres Halal Ke-20 (BPJPH) yang berlangsung pada 17-19 November di Hotel Padma, Semarang.

 

MEMASUKI hari kedua Kongres Halal Ke-20 (BPJPH) yang berlangsung pada 17-19 November di Hotel Padma Semarng para perseta diajak keliling kota mengjunjungi berbagai tempat bersejarah yang bernuansa islami serta daerah sentra batik dan kuliner halal.

Salah satu tujuan utama yaitu Planetarium UIN Walisongo Semarang yang merupakan planetarium terbesar di Asia Tangara ini merapakan tempat riset dan pendidikan dan sebagai destinasi wisata religi di Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Rombongan peserta kongres disuguhi fenomena luar angkasa karena tontonan apik ruang yang tak berbatas di luar angkasa. Bulan begitu terasa dekat dengan permukaan bebatuan yang keras.

Matahari tak sekadar bundar, tapi memiliki lidah api bagaikan bola yang dilengkapi rambur berwarna kuning api, Dalam sekejap, kedua benda langit  yang hingga kini belum pernah bertemu itu terasa dekat ada di atas kepala.

Melalui planetarium, bisa melihat simulasi rukyatul hilal dengan gambar yang sangat tajam dan bisa dinikmati dengan mata telanjang.

Baca juga: Tutup Kongres H20, Wamenag Tekankan Pentingnya Membangun Ekosistem Halal

Beberapa trailer film dokumenter tentang ruang angkasa juga mulai diperlihatkan. Tentu ini sangat cocok untuk anak-anak sekolah.

Apalagi kalau yang diputar film Gravity yang dibintangi Sandra Bullock dan Goerge Clooney, pengunjung akan merasa di luar angkasa.

Rombongan yang sebagian bsar dari Iran,UAE,Turkiye,Brunei,Malaysia Singapore dan tuan rumah mengaku senang di Planetarium.

Setelah dari Planet UIN, peserta kongres melanjutkan ke Kampung Batik,dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), tempat kuliner kota Lama atau merupakan pariwisata halal kota Semarang dan belanja di toko bersertikat halal Bandeng Drianan di Jalan Pamulrsih Semarang.

Sebelumnya para peserta membahas mutu halal dari sejumlah negara Indonesia (BPJPH),Singapore (HAK),Malaysia (JAKIM) dan Bruney Darussalam (MUIB). Sementara produk ekspor import halal dibahas KA(SFDA),Turkey (HAK) dan Iran (INSO). (HT/OL-09).

Baca Juga

Ist

“Cinta Yang Memulihkan", Kumpulan Cerpen dari Penulis ALINEA  

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 10:44 WIB
Sejumlah penulis yang menyumbangkan cerpennya hadir dan kemudian membacakan karyanya, diiringi musikalisasi gitar dan...
MI/HO

Lestarikan Budaya Nusantara, TNI AL Adakan Pagerlaran Wayang Orang

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:24 WIB
Pagelaran Pandowo Boyong itu rencananya akan dilaksanakan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Kamis (15/12)...
Dok. DPR RI

Revisi UU Pengolahan Sampah Diperlukan untuk Akomodasi Peran Swasta

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 08:59 WIB
Selain soal kontribusi investor swasta, ada hal lain yang perlu direvisi pada UU No. 18 Tahun 2008 ini. Terutama berkaitan dengan insentif,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya