Kamis 17 November 2022, 22:10 WIB

Forum H20 Jadi Momentum Bangun Kemitraan Halal Global

Dinda Shabrina | Humaniora
Forum H20 Jadi Momentum Bangun Kemitraan Halal Global

Dok. Kemenag
BADAN Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kemenag menghelat Forum Halal 20 (H20), di Semarang, Jawa Tengah pada 17-19 November 2022.

 

BADAN Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) menghelat Forum Halal 20 (H20), di Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan yang berlangsung mulai 17-19 November 2022 ini merupakan bagian dari gelaran Presidensi G20 untuk membangun kemitraan halal global.

“Forum H20 ini menjadi momentum yang tepat untuk membangun kemitraan halal global. Kita menyadari, kemitraan dan kerja sama merupakan hal penting dalam membangun ekosistem halal global yang berkelanjutan,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada pembukaan Forum H20, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (17/11).

Menag menambahkan, forum H20 sekaligus menjadi tonggak sejarah jaminan produk halal di Indonesia. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, kata dia, telah menetapkan kebijakan bahwa Indonesia akan menjadi pusat industri, ekosistem, dan pasar halal global.

“Ini diharapkan dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi untuk mewujudkan impian Indonesia Maju. Melalui forum ini, kami juga ingin menyosialisasikan peraturan serta kebijakan jaminan produk halal yang diterapkan di Indonesia,” sambung Menag.

Forum ini menjadi momen penting bagi pergerakan industri halal, mengingat Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, konsumsi halal dalam negeri Indonesia pada 2018-2019 mencapai US$218,8 miliar. Sempat turun menjadi US$184 miliar pada 2020 karena pandemi, konsumsi halal diproyeksikan kembali melonjak hingga $330 miliar dalam tiga tahun ke depan (2025).

Tahun ini saja, Kementerian Perindustrian memperkirakan nilai potensial pasar halal dan kegiatan ekonomi yang terkait dengannya mencapai US$303 miliar. “Jadi saya kira forum ini perlu kita manfaatkan dengan baik untuk bersama-sama membangun kemitraan halal global,” tandas Menag.

Senada dengan Menag, Kepala BPJPH Aqil Irham menegaskan pentingnya forum H20 yang juga digelar dalam rangka ulang tahun ke-5 BPJPH, amat strategis untuk mengembangkan kerja sama halal global. "Global halal forum ini menjadi ruang untuk menjelaskan ke negara-negara eksportir agar memahami regulasi jaminan produk halal di Indonesia. Sekaligus jadi momentum untuk membangkitkan pelaku usaha domestik agar lebih kompetitif dalam usaha dan industri halal," imbuh Aqil.

Ia juga mengingatkan, bahwa sesuai UU 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, bahwa pada 2024 seluruh produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

Dalam Forum H20 ini, BPJPH juga meluncurkan Brief Report Magazine on Halal Paradigm Shifts. “Ini merupakan hasil kolaborasi BPJPH dengan Dinar Standar,” ungkap Aqil Irham.(H-1)

Baca Juga

BPMI Setpres

Program Jokowi Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 12:39 WIB
Jokowi menggagas program Kartu Indonesia Pintar (KIP) agar seluruh masyarakat dapat meraih pendidikan...
Ist/EDC Burgos Wind Power Corporation

Mowilex Terima Sertifikasi Netral Karbon untuk Keempat Kali

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 12:18 WIB
Kanopi tenaga surya baru di kantor pusat perusahaan dan pabrik baru Cikande memangkas emisi di...
ANTARA/Budi Candra Setya

Arti Gong Xi Fa Cai dan Asal Usulnya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 06 Desember 2022, 12:15 WIB
Gong Xi Fa Cai memiliki makna selamat mendapatkan kekayaan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya