Jumat 18 November 2022, 10:05 WIB

Preventif dengan Sosialisasi Deteksi Dini

Naufal Zuhdi | Humaniora
Preventif dengan Sosialisasi Deteksi Dini

Litbang MI
Ilustrasi

 

DALAM rangka memperingati Hari Kanker Payudara Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional 2022, RS Mitra Keluarga Kemayoran menyosialisasikan Breast Cancer Awareness sebagai bentuk dukungan meningkatkan kesadaran masyarakat.  

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Adib Khumaidi  mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan RS Mitra Keluarga Kemayoran merupakan salah satu upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penyakit kanker. "Upaya yang bisa lakukan adalah menyosialisasikan, mengedukasi kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya deteksi dini. Jangan sampai kemudian terlambat," katanya di Danau Sunter, Jakarta Utara pada Minggu (13/11).

Angka kejadian kanker payudara di Indonesia cukup besar. Awareness mengenai kanker payudara harus dimulai dari masa sekolah. "Prinsipnya adalah preventif, pencegahan lebih baik daripada pengobatan, mencegah lebih baik dan itu tentunya akan menekan pembiayaan juga," lanjut Adib.

Baca juga: Wakil Presiden Ajak Warga Menggali Potensi Pasar Halal Global

Data Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi) mencatat dari 10 ribu kasus kanker payudara, sekitar 70% ialah stadium 3 dan 4. Peluang pengobatan untuk kanker stadium akhir hanya 20-30 persen. Selain itu, pengobatan untuk kanker stadium akhir juga sangat besar.

Di kesempatan yang sama, dokter spesialis bedah, dr. Alfiah Amiruddin mengatakan bahwa dengan kegiatan ini, dapat disosialisasikan kepada masyakarat berbagai hal tentang kanker payudara. "Sebagian besar masyarakat sudah tahu bahwa kanker payudara bisa disembuhkan, hal ini merupakan rangkaian beberapa acara yang disatukan dalam rangka hari kesehatan nasional," katanya.

Dalam acara tersebut, pasien-pasien, dan penyintas kanker turut serta meramaikan acara dengan tampil menari, fashion show, dan juga catwalk.
"Ini menunjukkan meskipun mengidap kanker payudara akan bisa kita selamatkan. Teknik-teknik yang sudah sangat maju kita sudah bisa menjaga atau mempertahankan payudara pasien tanpa harus membuat pasien cacat seumur hidup," pungkas dr. Alfiah.

Selain memperingati hari kanker payudara, RS Mitra Keluarga juga melakukan turut berpartisipasi dalam pencegahan stunting. "Ssalah satu program pemerintah saat ini adalah mencegah stunting. Ini juga menjadi pokok utama kegiatan kita hari ini dengan melakukan pemberian makanan tambahan kepada balita, dan ibu hamil," dr. Alfiah Amiruddin.(H-3)

Baca Juga

MI/Mesakh Ananta Dachi

BPJS Ketenagakerjaan Jamin Perlindungan Korban Bom Astanaanyar

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:20 WIB
Jaminan akan diberikan pascalaporan resmi dari kepolisian mengenai nama-nama korban, beserta keikutsertaan mereka dalam program BPJS...
Muhammad Faris/Unsplash.com

Ini Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 04:45 WIB
Sunblock dan sunscreen kerap dianggap sama karena berfungsi menangkal bahaya sinar UV dari pancaran...
Ist

Mutu Perlengkapan Tidur Turut Tentukan Kualitas Istirahat

👤medaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:49 WIB
Investasi pada perlengkapan tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk menunjang aktivitas kita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya