Kamis 17 November 2022, 16:43 WIB

UT Raih Peringkat Pertama Satuan Kerja dengan Capaian IKPA Tertinggi dari DJPb Banten

Mediaindonesia.com | Humaniora
UT Raih Peringkat Pertama Satuan Kerja dengan Capaian IKPA Tertinggi dari DJPb Banten

Dok. UT
UT meraih penghargaan dari DJPb Banten

 

UNIVERSITAS Terbuka menerima anugerah sebagai Peringkat Pertama Satuan Kerja dengan capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Tertinggi Triwulan III Tahun 2022, untuk Kategori Satker BLU Lingkup Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (DJPb) Provinsi Banten.

Penghargaan itu diberikan dalam acara Stakholder Day dalam rangka Service Excellent dengan tema: Evaluasi Pelaksanaan APBN 2022 dan Asset Liability Commitee (ALCo) Regional di Aula Kantor Kanwil DJPb Provinsi Banten

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum UT Ali Muktiyanto mengungkapkan kiat UT sehingga dapat meraih anugerah terebut. Secara berjenjang, sistemik dan sistematis, UT menyusun perencanaan dan anggaran tahunan berbasis kinerja (performance).

Selanjutnya untuk mencapai efektivitas, efisiensi dan ekonomis serta produktivitas anggaran, UT mengoptimalkan perencanaan dan prognosis triwulanan sebagai monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan dan realisasi kegiatan dan anggaran pada keseluruhan unit UT se-Indonesia.

Ali menjelaskan, salah satu tantangan yang nyata adalah pengelolaan anggaran tahunan yang sangat besar. 

Baca juga : Lewat ICoMUS, UT Dorong Akademisi Lakukan Riset Multidisiplin

"Namun, sebagaimana disampaikan oleh pihak Kanwil DJPb Provinsi Banten, UT tidak memiliki kendala dalam pelaporan pengesahan pendapatan dan belanja secara periodik. Bahkan pada akhir tahun, frekuensi pengesahan tersebut dilakukan lebih intensif," katanya.

Ali saat menerima penghargaan dari Kanwil DJPb Provinsi Banten mewakili Rektor UT menyampaikan terima kasih kepada seluruh pejabat unit beserta penjabat pengelola keuangan unit serta seluruh pegawai yang telah bekerja keras, berdedikasi, berkomitmen, dan berkesungguhan yang disertai doa dalam menjalankan amanah pengelolaan keuangan UT.

Ia juga mengungkapkan rasa syukur karena untuk kesekian kalinya UT mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari publik dan stakeholders. 

"Atas capaian prestasi ini, Universitas Terbuka ke depannya diharapkan dapat tetap mempertahankan layanan service excellent, khususnya dalam pengelolaan keuangan secara akuntabel dan transparan," katanya.

Tantangan UT ke depan semakin besar, seiring  perubahan status menjadi PTNBH. UT diharapkan dapat menerapkan tata kelola keuangan yang otonom dalam kerangka Good University Governance. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok Litbang MI

PPOK Juga Ancam Perokok Pasif

👤Naufal Zuhdi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 07:05 WIB
Karena fungsi paru tidak bisa kembali normal, pasien PPOK dianjurkan melakukan rehabilitasi medik untuk melatih otot...
Antara

KPI Dukung Pelaksanaan ASO Tahap II

👤Ant 🕔Rabu 30 November 2022, 23:08 WIB
Adapun wilayah-wilayah yang akan melaksanakan ASO tahap II ini antara lain Kota Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan...
Antara

Stigma Negatif Masih Melekat pada ODHIV

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:51 WIB
Padahal, penularan HIV bisa terjadi dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan jarum suntik yang tidak aman, transfusi tidak aman, hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya