Kamis 17 November 2022, 08:00 WIB

Ini Pengertian Kolase

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Ini Pengertian Kolase

guidingtech.com
Contoh kolase

 

TERKADANG, kita memiliki gambar atau foto yang menarik dan berjumlah lebih dari satu. Maka, ada rasa sayang jika yang ditunjukkan hanyalah satu foto saja. Sebenarnya, Anda dapat menunjukkan foto-foto lain secara bersamaan dengan cara mengolasekannya. Apa itu kolase dan bagaimana membuatnya?

Menurut KBBI, kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan (dari kain, kertas, kayu) yang ditempelkan pada permukaan gambar. 

Baca juga: Gambar Dua Dimensi: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Maka, dapat disimpulkan bahwa kolase tidak hanya mengandung satu unsur bahan, namun berbagai campuran jenis bahan yang berhasil menciptakan satu unsur kesenian yang baru. 

Alat dan bahan membuat kolase

Untuk membuat sebuah kolase, Anda dapat menggunakan alat seperti, penggaris, gunting, pisau, cutter, gergaji, dan alat pemotong lainnya. 

Saat menggunakan alat pemotong, berhati hatilah menggunakannya. Hal ini untuk menghindari kecelakaan yang mungkin saja terjadi.

Setelah itu, Anda membutuhkan bahan seperti kertas sebagai latar, lem kertas, perekat vinyl, lem putih/PVC, lem plastik, jarum dan benang jahit, dan juga unsur tambahan pada kolase seperti kain, kertas, dan kayu.

Karya kolase dapat dibuat dengan teknik yang bervariasi. Teknik pembuatan kolase, antara lain:

  1. Teknik sobek
  2. Teknik gunting
  3. Teknik potong
  4. Teknik rakit
  5. Teknik rekat
  6. Teknik jahit
  7. Teknik ikat (OL-1)

Baca Juga

Antara

KPI Dukung Pelaksanaan ASO Tahap II

👤Ant 🕔Rabu 30 November 2022, 23:08 WIB
Adapun wilayah-wilayah yang akan melaksanakan ASO tahap II ini antara lain Kota Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan...
Antara

Stigma Negatif Masih Melekat pada ODHIV

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:51 WIB
Padahal, penularan HIV bisa terjadi dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan jarum suntik yang tidak aman, transfusi tidak aman, hingga...
Ist

Wamenag Soroti Minimnya Riset Tentang Zakat

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 20:56 WIB
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, Rabu (30/11) secara virtual membuka The 6th Indonesian Conference of Zakat (ICONZ)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya