Senin 14 November 2022, 20:20 WIB

Changing Diabetes in Children Luncurkan Pendeteksi Diabetes Tipe 1

Gana Buana | Humaniora
Changing Diabetes in Children Luncurkan Pendeteksi Diabetes Tipe 1

Launching Type 1 DM Registry & Diary in PrimaKu Apps.
DOK IST.

 

PROGRAM Changing Diabetes in Children (CDiC) di Indonesia meluncurkan fitur Diabetes Registry & Diary di aplikasi PrimaKu, pada Sabtu (12/11) kemarin. Fitur itu akan meliputi sistem registrasi, edukasi, rekomendasi pengobatan dan monitoring untuk anak-anak dengan diabetes tipe 1.

Dengan adanya fitur ini, penanganan diabetes tipe 1 bagi anak-anak Indonesia diharapkan akan menjadi lebih baik dan lebih komprehensif.

“Fitur Diabetes Registry & Diary di aplikasi PrimaKu ini adalah salah satu implementasi program CDiC di Indonesia. Dengan memiliki informasi yang detail mengenai keadaan anak, diabetes pada anak-anak dapat dikelola dengan baik,” ungkap Director Novo Nordisk Indonesia Riyanny Meisha Tarliman dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (14/11).

Inilah yang menjadi pendorong utama dalam program kemitraan global Changing Diabetes in Children, yaitu mencegah kematian pada anak yang diakibatkan oleh diabetes. Diabetes tipe 1 adalah tipe diabetes yang paling umum ditemukan pada anak dan remaja. 

Baca juga: Kesehatan Mental adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

Diabetes tipe 1 merupakan kondisi yang kompleks untuk dikelola. Penanganan diabetes tipe 1 yang baik meliputi pemeriksaan gula darah mandiri, pemahaman diabetes yang komprehensif, dan dukungan tenaga medis profesional.

Jumlah anak-anak dengan diabetes terus meningkat setiap tahun. Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), diperkirakan ada lebih dari 1,2 juta anak dan remaja di bawah umur 20 tahun yang hidup dengan diabetes tipe 1.1 Setiap tahunnya, 108.200 anak dan remaja di bawah umur 15 tahun didiagnosa diabetes tipe 1.2

Di Indonesia sendiri, dalam periode 2000 – 2010, prevalensi DMT1 di Indonesia meningkat tujuh kali lipat, dari 3,88 per 100 juta penduduk pada tahun 2000 menjadi 28,19 per 100 juta penduduk pada tahun 20103. 

Karena tingginya angka underdiagnosis (pasien yang tidak terdiagnosis) dan misdiagnosis (pasien dengan hasil diagnosis yang salah), angka pasti prevalensi diabetes tipe 1 pada anak-anak diperkirakan lebih tinggi dibandingkan dengan data yang sudah ada. (R-3)

Baca Juga

Dok Plan International Indonesia

Plan Indonesia Beri Dukungan Psikososial untuk Anak Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 10:25 WIB
Tim Tanggap Darurat Yayasan Plan International Indonesia memberikan dukungan psikososial (psychosocial support) bagi anak-anak terdampak...
doyanblog.com

Catat, Ini Rumus Luas Trapesium

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 29 November 2022, 10:19 WIB
Trapesium adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk yang dua di antaranya saling sejajar namun tidak sama...
MI/RAMDANI

Ini Situs dan Aplikasi Kalkulator Kehamilan untuk Prediksi Hari Persalinan

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 29 November 2022, 10:00 WIB
Menghitung usia kehamilan untuk mempersiapkan kelahiran adalah hal yang penting. Usia kehamilan juga dapat dijadikan sebagai acuan prediksi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya