Kamis 03 November 2022, 16:57 WIB

KSP Sebut Agama Jadi Kunci Perdamaian Global

Andhika Prasetyo | Humaniora
KSP Sebut Agama Jadi Kunci Perdamaian Global

medcom
agama

 

DEPUTI IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro mengungkapkan G20 Religion Forum (R20) merupakan semangat baru untuk menjadikan agama sebagai kunci terciptanya perdamaian global.

Melalui forum tersebut, para pemimpin agama di dunia diharapkan bisa meluruskan kembali substansi religi sebagai sumber moral etik yang memberi bimbingan bagi kehidupan manusia, bukan sebagai alat pemecah belah.

"Seberapapun perbedaan di antara kita semua, sekeras apapun sejarah masa lampau yang kita lalui bersama, agama harus dikembalikan menjadi sumber kebaikan dan spirit perdamaian," kata Juri di sela-sela R20 di Nusa Dua, Bali, Kamis (3/11).

Ia menambahkan, pemimpin agama memiliki peran krusial dalam menciptakan perdamaian global. Terlebih, di tengah situasi yang sangat sulit seperti sekarang, ketika pandemi covid-19 masih menghantui dan ketegangan politik terjadi di berbagai belahan dunia yang akhirnya mendorong terjadinya sejumlah krisis.

"Melalui forum ini, kita berharap bisa menghasilkan solusi bagi berbagai masalah global terutama dalam menjawab tantangan krisis," tuturnya.

Baca juga: Forum Agama Terbesar Dunia Resmi Dibuka di Indonesia

Juri juga memandang pelaksanaan R20 menjadi bukti kiprah tokoh muslim Indonesia diakui dunia Internasional. Baru-baru ini, lembaga riset Independen RISSC atau The Royal Islamic Strategic Studies Centre juga merilis nama Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dan penceramah Habib Luthfi bin Yahya, dalam daftar 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia.

"Ini menjadi bukti adanya perbaikan citra muslim Indonesia di mata dunia. Presiden Jokowi berhasil menjaga Indonesia sebagai negeri muslim terbesar di dunia yang toleran dan moderat," tukasnya.

Seperti diketahui, R20 secara resmi dibuka di Nusa Dua, Bali, pada Rabu (2/11). Pembukaan ditandai dengan penabuhan rebana serta tamborin di atas panggung oleh beberapa tokoh yang hadir.

R20 diinisasi oleh NU dan diketuai secara bersama dengan Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL). Forum itu dihadiri lebih dari 400 undangan dari dalam dan luar negeri. Mereka adalah para pemimpin agama, sekte, dan aliran kepercayaan dari berbagai negara dengan jutaan pengikut.

Tujuan digelarnya R20 tidak lain untuk mencegah isu identitas digunakan sebagai senjata. Forum itu juga mendorong diskusi yang jujur dan realistis di dalam komunitas agama, serta mamasukkan nilai-nilai moral dan spiritual ke dalam kekuatan struktur geopolitik dan ekonomi.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Peringati Hari Ibu Nasional 2022, PPLIPI Gelar Berbagai Kegiatan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 14:04 WIB
Ketua Umum PPLIPI Hj. Dra. Indah SDA, MBA, mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini untuk bisa memaksimalkan peran Ibu dalam kehidupan...
Ist/Kemenaker

Genjot Penyaluran BSU, Kemenaker Perkuat Sinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan dan PT Pos

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:47 WIB
Kemenaker berharap agar BSU dapat tersalurkan seluruhnya sebelum batas akhir pengambilan BSU yaitu 20 Desember...
Ist

Mahasiswa Polteksos Buat Senyum Para Korban Bencana Gempa di Cianjur 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:39 WIB
Di desa lain para mahasiswa mendampingi ibu-ibu untuk bisa mandiri memasak tanpa tergantung oada dapur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya