Minggu 30 Oktober 2022, 13:25 WIB

Kompetisi untuk Perkuat Kompetensi Tukang dan Mandor

Mediaindonesia.com | Humaniora
Kompetisi untuk Perkuat Kompetensi Tukang dan Mandor

DOK Pribadi.
Bekerja sama dengan pengusaha sekaligus public figure Raffi Ahmad, Tukang Cat Bagus Indonesia yang sudah diluncurkan sejak 12 September.

 

GUNA mendukung kompetensi tenaga kerja konstruksi (TKK) sekaligus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang konstruksi, Nippon Paint mengadakan kompetisi Tukang Cat Bagus Indonesia. Ini merupakan program pencarian tukang terbagus yang akan mendapatkan pelatihan sistem pengecatan dari perusahaan agar dapat meningkatkan kompetensi dan meningkatkan daya saing para pekerja di bidang konstruksi.

Bekerja sama dengan pengusaha sekaligus public figure Raffi Ahmad, Tukang Cat Bagus Indonesia yang sudah diluncurkan sejak 12 September 2022 sudah diikuti oleh 600 tukang dan mandor seluruh Indonesia yang mendaftarkan diri. Setelah tahap submission, nanti ada enam finalis yang maju pada babak selanjutnya dan mengikuti sesi pelatihan sebagai aplikator cat dengan Nippon Paint Indonesia.

"Tukang dan mandor menjadi salah satu mitra yang hingga 53 tahun mendukung keberadaan Nippon Paint di Indonesia. Untuk itu kami berkomitmen meningkatkan kompetensi para pekerja dengan menghadirkan berbagai produk dan layanan terbaik hingga memberikan pelatihan secara berkala," ujar Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, dalam keterangan tertulis, Minggu (30/10).

Menurutnya, pelatihan pada tukang dan mandor penting dilakukan karena selain meningkatkan kompetensi dan daya saing, hal ini juga erat kaitannya dengan kualitas konstruksi bangunan yang akan mereka kerjakan. Sahrullah dan Suwarno, pemenang dalam kompetisi Tukang Cat Bagus Indonesia, mengatakan bahwa mereka sangat senang dan antusias mengikuti program yang diselenggarakan oleh Nippon Paint ini.

"Kami para tukang dan mandor sangat membutuhkan pelatihan-pelatihan terkait sistem pengecatan. Ini karena seiring perkembangan zaman, konsumen memiliki kebutuhan beragam yang harus kami penuhi. Jika kami tidak meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, akan sulit bagi kami untuk bersaing dengan tukang dan mandor lain," tandas Sahrullah.

Pada kompetisi Tukang Cat Bagus, Nippon Paint melakukan penilaian berdasarkan teknik pengecatan, hasil pengecatan, pemilihan warna, hingga kreativitas pola. 

Raffi Ahmad sebagai pihak yang terlibat dalam kompetisi juga memberikan respons positif terhadap program yang dijalankan Nippon Paint. "Para pekerja ini saya rasa butuh pihak-pihak terkait seperti Nippon Paint untuk  pengembangan kemampuan yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi mereka secara pribadi," ujar Raffi.

Raffi Ahmad sebagai pemilik rumah yang juga sering melakukan repainting dan membangun rumah menambahkan bahwa tukang atau mandor yang bertugas melakukan pengecatan pada area dinding akan sangat memengaruhi kualitas hasil akhir rumah tersebut. Selain itu, pengetahuan terhadap pemilihan produk dan cara pengaplikasian yang tepat dapat mengurangi risiko berbagai permasalahan pengecatan.

Selain Kompetisi Tukang Cat Bagus Indonesia, sejak 2016 Nippon Paint melakukan pelatihan kepada para mandor dan tukang melalui Painters Gathering. Setiap tahun ada 25.000-an mandor yang mengikuti kegiatan ini. Bahkan di 2018, Nippon Paint berhasil memecahkan Rekor Muri untuk Pelatihan Tukang Cat Serentak Terbanyak di Indonesia. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Tren Peminat Program Studi Ilmu Komunikasi Meningkat di Jabodetabek

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:52 WIB
Anggota pengurus yang dilantik sebanyak 120 orang yang merupakan pengelola program studi Ilmu Komunikasi dari berbagai kampus yang berada...
ANTARA/Fikri Yusuf

Waspadai Potensi Kenaikan Kasus Covid-19 Varian Baru Saat Libur Nataru

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:39 WIB
Potensi penyebaran itu semakin besar mengingat realisasi vaksin booster yang melambat seiring dengan kejenuhan masyarakat menghadapi wabah...
Ist

Singapore Management University (SMU) Resmikan Overseas Centre Jakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:04 WIB
Overseas Center Jakarta merupakan bagian dari ekosistem pendidikan SMU yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan menjadikannya SMU...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya