Jumat 28 Oktober 2022, 13:15 WIB

Yuk Mengetahui Apa yang Dimaksud Integritas

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Yuk Mengetahui Apa yang Dimaksud Integritas

jojonomic.com
Ilustrasi

 

DALAM kehidupan sehari hari, manusia dihadapkan pada berbagai kesempatan dan keadaan. Maka, kejadian tersebut akan secara tidak langsung membentuk manusia dalam perilaku dan pola pikirnya. Salah satunya adalah integritas dari manusia itu sendiri. Maka, apa itu integritas dan apa manfaatnya.

Menurut KBBI, integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan.

Secara sederhana, integritas adalah kejujuran. Namun, apabila kejujuran hanya terbatas pada mengungkapkan sesuatu sesuai dengan kenyataan, integritas adalah suatu pernyataan yang mengungkapkan kebenaran, dan secara bersamaan dilakukan sesuai dengan kebenaran tersebut.

Baca juga: Dies Natalis UKI, Menkum dan HAM Dorong Teknologi Informasi dan Integritas

Pada umumnya, orang yang berintegritas adalah orang yang dapat dipercaya. Karena, orang berintegritas adalah mereka yang secara konsisten hidup dalam nilai yang mereka percaya dan anut. 

Maka, secara umum, orang yang berintegritas adalah mereka yang apa adanya menunjukkan tingkah lakunya di depan atau di belakang umum.

Dalam perilaku sehari hari, banyak contoh perilaku integritas yang sering atau dapat kita laksanakan. Perilaku tersebut misalnya, menepati janji dengan orang lain sesuai dengan waktu dan tempat yang disetujui, melaksanakan tanggung jawab yang diemban sebaik mungkin sampai akhir, tidak membiarkan komitmen yang tidak tertepati berlalu begitu saja, dan selalu minta maaf pada kesalahan yang terjadi, serta tidak menampilkan kemunafikan dalam perilaku.

Dengan melaksanakan integritas, manusia secara tidak langsung telah melatih diri untuk semakin berkomitmen, dan mempunyai nilai yang dianut sendiri. 

Artinya, orang yang berintegritas adalah mereka yang tidak mudah terombang ambing oleh dorongan atau hasutan yang mencoba untuk mencederai nilai yang dipercayai.

Selanjutnya, integritas juga akan menambah pengaruh sosial yang kita pancarkan kepada orang lain. Integritas akan menciptakan kelompok atau lingkungan yang menaruh kepercayaan kepada kita, dan secara tidak langsung, telah membantu kita agar semakin dipercaya dalam mengemban tanggung jawab. (OL-1)

Baca Juga

MI/HO

Lestarikan Budaya Nusantara, TNI AL Adakan Pagerlaran Wayang Orang

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:24 WIB
Pagelaran Pandowo Boyong itu rencananya akan dilaksanakan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Kamis (15/12)...
Dok. DPR RI

Revisi UU Pengolahan Sampah Diperlukan untuk Akomodasi Peran Swasta

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 08:59 WIB
Selain soal kontribusi investor swasta, ada hal lain yang perlu direvisi pada UU No. 18 Tahun 2008 ini. Terutama berkaitan dengan insentif,...
ANTARA/Rezza Estily

Mengenal Pupuk Organik Beserta Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 08:30 WIB
Pupuk organik adalah salah satu jenis pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya