Selasa 27 September 2022, 15:58 WIB

Sandiaga Ajak Negara G20 Investasi di 5 Destinasi Super Prioritas

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Sandiaga Ajak Negara G20 Investasi di 5 Destinasi Super Prioritas

Antara
Menteri Parekraf Sandiaga Uno saat menyampaikan sambutan.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno mengundang negara anggota G20 untuk berinvestasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air. Khususnya, di lima destinasi super prioritas.

Hal ini diutarakan Sandiaga di sela kegiatan G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) 2022 pada Senin (26/9). Tepatnya, saat melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara anggota G20 dan juga negara tamu.

"Kami menjalankan bilateral engagement dengan negara, seperti Spanyol, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab dan Australia, terkait bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (27/9).

Baca juga: Pelancong Lokal Harus Paham Lima Etika saat Berwisata

Adapun lokasi yang ditawarkan adalah lima destinasi super prioritas juga delapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di berbagai daerah Tanah Air. Lima destinasi super prioritas, yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, serta Likupang.

Sementara untuk delapan KEK Pariwisata adalah KEK Tanjung Kelayang di Belitung, KEK Nongsa di Batam, KEK Tanjung Lesung di Banten dan KEK Singosari di Malang. Lalu, KEK Mandalika di NTB, KEK Likupang di Sulawesi Utara, Kek Morotai di Maluku Utara dan KEK Lido di Sukabumi.

Baca juga: Program Desa Wisata Tepus, Yogyakarta, Dorong Ekonomi Warga

"Arab Saudi tertarik dengan proyek yang kita ajukan, juga Uni Emirat Arab. Kita follow up dalam beberapa bulan ke depan dalam kunjungan, dengan target investasi US$6-8 miliar," jelas Sandiaga.

Diketahui, potensi bisnis dengan UEA mulai dari pembangunan infrastruktur, kereta gantung, akomodasi, sampai beberapa kelengkapan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Juga dibicarakan kemungkinan dikembangkan technopark di beberapa destinasi. Untuk melengkapi ekosistem ekonomi kreatif," tutupnya.(OL-11)
 

Baca Juga

Antara

Update 9 Desember 2022: Kasus 2.501

👤MGN 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:17 WIB
Sedangkan untuk kasus aktif berkurang 2.246 orang sehingga menjadi 43.316...
DOK/PII

2.000-an Insinyur Indonesia sudah Bisa Berkiprah di Tingkat ASEAN

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:30 WIB
Sertifikat AER bertujuan untuk memberikan standardisasi dasar terkait profesi insinyur dalam menghadapi persaingan...
DOK.MI

Wakil Ketua MPR: Penanaman Nilai Pancasila Kikis Perilaku Koruptif

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:23 WIB
Hal itu disampaikannya dalam momentum peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang diperingati setiap 9 Desember setiap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya