Rabu 17 Agustus 2022, 21:24 WIB

Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-77, Untar Tanamkan Nasionalisme dan Patriotisme

Mediaindonesia.com | Humaniora
Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-77, Untar Tanamkan Nasionalisme dan Patriotisme

Dok. Untar
Upacara HUT RI ke-77 Untar

 

UNIVERSITAS Tarumanagara menggelar upacara bendera memperingati Hati Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/8). Selain civitas akademika Untar, upacara itu juga diikuti unsur TNI/{olri/

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan yang bertindak sebagai inspektur upacara, dalam pembacaan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyampaikan selamat memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia khususnya bagi para pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik di seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia merdeka mewujudkan merdeka belajar.” Ujar Rektor

Puluhan tahun yang lalu, perjuangan mencapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Kita sebagai generasi penerus tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah.

“Ini yang harus dijaga dan digelorakan, dengan semangat pulih lebih cepat bangkit lebih kuat pasca pandemi 2 tahun lalu.” Kata Agustinus.

Dalam amanah lainnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim mengatakan semangat tersebut saat ini sedang dibuktikan bersama melalui Presidensi G-20  2022. Dengan peran besar Kemendikbudristek dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong-royong untuk kebangkitan sistem pendidikan.

Baca juga : UT Gelar Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Secara Hibrida dari Ende

“Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui merdeka dan platform Merdeka mengajar," Kata Agustinus.

Banyak hal yang telah dilakukan dalam dunia pendidikan, diantaranya upaya untuk memperluas akses terhadap pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan berbagai program dukungan beasiswa. 

Tidak hanya itu, dunia pendidikan di tanah air juga telah meyakinkan dunia bahwa generasi muda Indonesia telah telatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar diluar kampus yang terhimpun dalam kampus Merdeka.

Sementara itu, Danramil 03 Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kapten Infantri Sriyanto mengapresiasi kegiatan upacara bendara dalam rangka HUT Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia yang melibatkan ratusan mahasiswa baru, TNI dan Polri. 

Dengan kegiatan itu, Ia berharap semakin tumbuh rasa cinta tanah air dan meningkatnya wawasan kebangsaan di kalangan milenial.

“Harapan Kami mahasiswa ini terus membangun bangsa Indonesia mengisinya dengan hal-hal yang positif. Tidak ada lagi hoaks, tidak ada lagi perpecahan dan lain sebagainya.” ujar Sriyanto. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Mahasiswa ITB dan ITS Juarai Writing Competition Djarum Beasiswa Plus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 21:41 WIB
Mahasiswa ITB Andi Ameera Sayaka Cakravastia dan mahasiswa ITS Najla Rasikha Putri Harza meriah juara pertama Writing...
Antara/HO/Yudha.

Penyembuhan Lebih Cepat pada Operasi Jantung dengan Sayatan Kecil

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 21:30 WIB
Prosedur ini juga dapat menjadi pilihan bagi pasien yang memiliki risiko tinggi, seperti karena usia atau riwayat medis...
Ist

Kemenag: Pengadilan Agama Tidak Sahkan Pernikahan Beda Agama

👤Widhoroso 🕔Kamis 29 September 2022, 21:21 WIB
KEMENTERIAN Agama (Kemenag) menegaskan pengadilan agama tidak mengesahkan pernikahan beda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya