Senin 15 Agustus 2022, 20:40 WIB

Pembinaan Paskibraka Diambil Alih BPIP, Menpora: Gak Masalah

Mediaindonesia | Humaniora
Pembinaan Paskibraka Diambil Alih BPIP, Menpora: Gak Masalah

ANTARA FOTO/Biro Pers Media Setpres/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo (kanan) mempersilahkan anggota Paskibraka pembawa baki asal Sumatra Utara Ardelia Muthia Zahwa

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengaku tak mempermasalahkan pembinaan untuk Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional kini ditangani oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, para anggota Paskibraka tersebut juga mendapatkan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) oleh BPIP.

"Mulai tahun ini persiapan untuk Paskibraka di tingkat nasional di BPIP, ada Perpres-nya ya, kalau dulu di tempat kami (Kemenpora) sekarang sudah di BPIP, tapi bagi kami tidak ada masalah sama saja, tetap 'support'," kata Menpora saat ditemui di kawasan Istana Merdeka, Jakarta, hari ini.

Menpora menjelaskan pihaknya tetap memfasilitasi seleksi dan pelatihan anggota Paskibra di tingkat provinsi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Menurut dia, perubahan tanggung jawab pembinaan dari Kemenpora ke BPIP tidak menjadi persoalan, mengingat pelatihan baris-berbaris sebagai persiapan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera tetap dilakukan oleh Komando Garnisun.

"Baik Kemenpora maupun BPIP hanya memfasilitasi, tapi pelatihan langsung ditangani Garnisun jadi tidak ada perubahan apa-apa," tutur Menpora.

Baca juga: Tata Kelola yang Baik Jaga Reputasi IKN

Adapun Menpora Zainudin Amali pada Senin sore turut mendampingi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Upacara Pengukuhan 68 anggota Paskibraka yang bertugas pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Berbeda dengan dua tahun terakhir, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan diturunkan secara penuh sesuai formasi 17-8-45 dalam Upacara HUT Ke-77 RI.

"Mudah-mudahan anak-anak kita bisa bertugas dengan baik, kan ini seleksi dari tingkat kabupaten naik ke provinsi dan ke nasional dan dilatih sebulan di Jakarta mudah-mudahan mereka tidak ada masalah apa-apa terutama kesehatan," ujar Menpora.(Ant/OL-4)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Mal Grand Indonesia Olah Limbah Minyak Jelantah Berbagai Tenant

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 05:15 WIB
Mal Grand Indonesia mengklaim telah mengolah limbah minyak jelantah hasil dari bekas penggorengan berbagai tenant menjadi produk...
Ist

Uskup Mandagi Berharap Paus Injak Tanah Marauke

👤Rosemary Sihombing 🕔Kamis 29 September 2022, 04:16 WIB
"Saya mengutarakan kepada paus bahwa umat Katolik di Keuskupan Agung...
MI/HARYANTO

Undip Kukuhkan 11 Guru Besar

👤Haryanto 🕔Rabu 28 September 2022, 23:30 WIB
Acara pengukuhan 11 Guru Besar ini dilaksanakan dalam empat tahap selama empat hari, mulai 27-30 September...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya