Sabtu 13 Agustus 2022, 08:11 WIB

Sambut HUT RI ke-77 Lewat Seni Mural

Faustinus Nua | Humaniora
Sambut HUT RI ke-77 Lewat Seni Mural

dok: Puspeka Kemendikbudristek
ilustrasi seni mural

 

MENYAMBUT HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Komunitas Kolaborasi bersama Jakarta Art Movement membuat mural di beberapa titik wilayah Jakarta. Seni Mural yang dibuat tahun ini bertemakan kemandirian pangan.

Ketua Komunitas Kolaborasi Sonny Muhammad menjelaskan, seni mural yang dibuat oleh seniman menghadirkan kutipan Presiden RI pertama, Soekarno.

“Terdapat pula kutipan tokoh Betawi Haji Darip,” jelas Sonny dalam keterangannya, Sabtu (13/8)

Seni mural merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI. Ada kegiatan pembacaan teks proklamasi yang dilakukan di puluhan titik traffic light wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu, dari 1 Agustus - 16 Agustus 2022 setiap pukul 07.00-08.00 dan 17.00-18.00 WIB.

Bahkan, beberapa tokoh ternama, seperti pengacara kondang Hotman Paris Hutapea dan artis lawas Inggrid Widjanarko turut terlibat. Mereka membacakan teks proklamasi di persimpangan Boulevard Kalapa Gading.

Sonny mengajak semua elemen meramaikan HUT RI. Pasalnya, 2 tahun belakang, karena pandemi, perayaan kemerdekaan dilakukan secara terbatas.

"Kita mengajak dan mengumpulkan semua yang ingin memberikan sesuatu untuk Ibu Pertiwi. ingin merekonstruksi kembali suasana kebatinan para pejuang di tahun 1945, dapat kita rasakan di tahun 2022. Ayo kita mulai, ke depan kita yakin akan semakin banyak orang akan bergabung. Tidak kalah penting, kita berharap Jakarta mempunyai event yang datang dari inisiasi masyarakat, yang akan menjadi milik masyarakat Jakarta menyambut kemerdekaan," tutur Sonny.

Baca juga:  Perajin Piala di Kudus Banjir Order di HUT RI ke 77

Selain itu, terdapat pula kegiatan Senandung Kemerdekaan, yang diisi oleh paduan suara dari SMA di semua wilayah Jakarta. Senandung Kemerdekaan dilakukan pada akhir pekan di beberapa titik Jakarta, seperti FX Sudirman, Halte Trans Jakarta Pinang Ranti, Halte Trans Jakarta CSW, Taman Bouleverd Kelapa Gading, Pantai Maju PIK, Taman Mataram, Taman Puring, dan Taman depan Masjid Hasyim Asy’ari.

Kegiatan ini merupakan gagasan dari Komunitas Kolaborasi. Komunitas ini yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, seperti para aktivis, para seniman, paskibra SMA se-DKI Jakarta, kelompok suporter Persija daari komunitas Gojakmania, dan instansi-instansi di lingkungan Provinsi DKI Jakarta.

Komunitas Kolaborasi juga telah melakukan kegiatan pembuka pada 31 Juli 2022 yang dipusatkan di JPOS Pinisi, Jakarta Pusat. Acara ini melibatkan Komunitas Jakarta Perkusi (KJP) dan Gilang Ramadhan, Ingrid Widjanarko, pembacaan teks proklamasi oleh Trie Utami dan Ratna Riantiarno, Wiraputra Basri, seniman teater, penari kontemporer, paduan suara SMAN se-Jakarta.(OL-5)

Baca Juga

MI/ERIEZ M RIAL

Unisba Berada di Peringkat Atas Universitas Terbaik di Kota Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:50 WIB
EduRank menempatkan Unisba sebagai universitas peringkat 4 terbaik di Kota...
Dok. USG Education

Kemitraan USG Education-University of Essex Hasilkan Program Jalur Cepat Raih Sarjana Internasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:42 WIB
Program Pathway atau program jalur adalah program yang bertujuan menjembatani celah antara kualifikasi pendidikan terakhir yang dimiliki...
ANTARA

PGRI: Jangan Lupakan Kesejahteraan Guru

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:38 WIB
Pesan Presiden Joko Widodo agar kualitas guru terus ditingkatkan merupakan sebuah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya