Jumat 22 Juli 2022, 15:43 WIB

Hari Ketujuh Masa Kepulangan, 7 Kloter Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Hari Ketujuh Masa Kepulangan, 7 Kloter Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

ANTARA
Sejumlah jamaah calon haji dan umroh mengikuti pelatihan manasik di Al Mahmudah Manasik Haji Training Centre Setu, Tangerang Selatan, Banten

 

PADA hari ke tujuh masa kepulangan jemaah haji Indonesia yang masuk kelompok terbang gelombang pertama akan dipulangkan 7 kloter dari 5 debarkasi.

"Hari ini akan dipulangkan 7 kloter menuju 5 debarkasi yaitu Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), Medan (MES), Solo (SOC), dan Surabaya (SUB) dengan jumlah sebanyak 2.769 orang," kata Plh Kepala Biro HDI Kementerian Agama Wawan Djunaedi dalam konferensi pers daring, (Jumat (22/7).

Baca juga: Saluran Cerna Sehat Pengaruhi Perkembangan Otak, Otot, Imunitas

Adapun rinciannya JKG 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 393 orang, JKS 2 kloter sebanyak 819 orang, MES 1 kloter sebanyak 391 orang, SOC 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 720 orang dan SUB 1 kloter dengan jumlah Jemaat dan petugas sebanyak 446 orang.

Jumlah jemaah haji reguler yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 20.491 orang dan jemaah haji khusus sebanyak 3.193 orang. Sementara itu jemaah gelombang kedua yang telah berada di Madinah ada dua kloter dengan jumlah jemaah sebanyak 783 orang.

Dirinya juga melaporkan bahwa kondisi cuaca di Makkah dan sekitarnya saat ini rata-rata 37 derajat dan di Madinah 38 derajat.

"Kami tetap menghimbau kepada jemaah haji Indonesia jangan menunggu haus untuk minum tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan baik ketika di tempat akomodasi atau hotel atau ketika di Masjidil Haram dan di Masjid Nabawi," ungkap Wawan.

"Saat ini kondisi di Masjidil Haram masih cukup padat oleh karena itu jemaah yang akan melaksanakan rangkaian ibadah salat agar menyesuaikan dengan cara mencari waktu yang tidak terlalu padat," tambahnya.

Sedangkan di Masjid Nabawi relatif lenggang namun diimbau kepada seluruh jemaah haji Indonesia untuk tetap mengutamakan kesehatan dan selalu menjaga protokol kesehatan. (OL-6)

Baca Juga

DOK Kanal Saung Edukasi di Youtube.

Mempelajari Konsep dan Desain Alur Multimedia Interaktif

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:57 WIB
Pelajaran Desain Media Interaktif pada SMK Jurusan Multimedia Kelas 12 mempelajari konsep multimedia interaktif di Bab 1. Pada Bab 2...
dok.KBRI Laos

Mahasiswa UI Kolaborasi dengan Empat Warga Laos Membawakan Tarian Betawi di Laos

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:49 WIB
KOMITMEN Kenalkan Budaya Nusantara, Mahasiswa UI berkolaborasi dengan empat warga Laos membawakan tarian Betawi di...
Antara

Menkes Minta Layanan Kesehatan Prioritaskan Produk Lokal

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:17 WIB
Langkah tersebut sebagai upaya meningkatkan perekonomian nasional. Sekaligus, mendorong ketahanan sistem kesehatan yang merupakan pilar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya