Rabu 20 Juli 2022, 20:44 WIB

Lima Tips Memilih Kotak Perhiasan Unik Menarik

Mediaindonesia.com | Humaniora
Lima Tips Memilih Kotak Perhiasan Unik Menarik

MI/Ferdinand.
Perajin di sanggar Sangkerta Batik Kayu di Desa Kadokan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jateng, sedang membatik kotak perhiasan.

 

KOTAK perhiasan memiliki fungsi krusial, terutama bagi orang yang punya hobi mengoleksi perhiasan. Jenis perhiasan yang bisa disimpan, seperti anting-anting, kalung, gelang, dan cincin. 

Perhiasan yang indah tentu butuh kotak sebagai wadah penyimpanannya yang tidak kalah bagus. Supaya Anda menemukan kotak perhiasan yang keren, simak penjelasan tips memilihnya.

Fungsi kotak perhiasan

Bagi Anda yang memiliki banyak koleksi perhiasan, kurang lengkap rasanya jika tidak menyimpannya di tempat yang aman. Tanpa tempat penyimpanan yang tepat, perhiasan akan terlihat berantakan dan lebih mudah tergores.

Dengan kotak perhiasan, anting, kalung, gelang, dan cincin Anda bisa terhindar dari debu dan lebih tertata rapi. Tidak hanya itu, beberapa produk menggunakan tampilan unik serta menarik sehingga mampu dijadikan sebagai pelengkap interior dan pajangan.

Cara memilih kotak perhiasan

Sebelum menentukan pilihan, berikut beberapa tips memilih kotak perhiasan yang sempurna. Selain memperhatikan faktor penggunaannya, Anda juga perlu memilih berdasarkan desainnya.

1. Sesuaikan ukurannya dengan jumlah koleksi perhiasan

Pertama, Anda wajib memastikan terlebih dahulu jumlah perhiasan yang dimiliki. Seberapa banyak koleksi perhiasan Anda? Dengan demikian perhiasan Anda dapat tersimpan di kotak dengan rapi serta aman.

Kotak perhiasan berkapasitas besar biasanya hadir menggunakan model bersusun. Tipe ini kami rekomendasikan apabila Anda punya koleksi perhiasan yang bnyak dan ingin terus menambah. Dengan kotak perhiasan ukuran besar, Anda dapat menyimpan seluruh perhiasan dalam satu tempat saja. Ini akan menghemat tempat dibandingkan mempunyai banyak kotak perhiasan kecil kecil.

Jika perhiasan tidak terlalu banyak tetapi Anda ingin menyimpannya dengan hati-hati, pilihlah kotak perhiasan yang compact. Kotak perhiasan yang ideal yakni yang mampu masuk di laci meja rias atau mudah dibawa ketika bepergian.

2. Kenali bahan yang ditawarkan

Dewasa ini, Anda dengan mudah menemukan kotak perhiasan yang didesain berasal aneka macam bahan, mirip kayu, plastik, kulit, dan kaca. Tentu setiap bahan tersebut punya keunggulannya masing masing.

Bahan plastik punya bobot yang ringan sebagai akibatnya lebih simpel saat dipindahkan. Perawatan kotak perhiasan berbahan plastik pun tergolong lebih mudah serta tahan guncangan.

Kotak perhiasan dari kayu bisa membangun tampilan yang natural serta hangat. Meskipun punya bobot yang agak berat, material kayu cenderung lebih solid.

Kesan mewah serta elegan akan tampak berasal kotak perhiasan berbahan kulit. Di pasaran, Anda akan menjumpai produk produk berbahan kulit asli ataupun kulit imitasi. Dibanding kotak perhiasan berbahan kulit orisinal, produk berbahan kulit imitasi harganya lebih murah dan perawatannya lebih praktis.

Bahan kaca menunjukkan tampilan tembus pandang mempesona dan memanjakan mata. Namun, supaya tidak mudah kusam atau bernoda, Anda harus lebih sering kali mengelapnya. Untuk beberapa material kaca, Anda harus lebih berhati-hati karena mudah pecah.

3. Pilih berdasarkan tipe mayoritas perhiasan yang dimiliki

Terdapat banyak sekali macam jenis perhiasan, seperti cincin, anting, gelang, dan kalung. Sebelum membeli kotak perhiasan, Anda perlu memeriksa koleksi jenis perhiasan yang paling banyak dimiliki.

Bila lebih banyak didominasi perhiasan berupa anting sedangkan cincin dan gelang lebih sedikit, produk yang memiliki sekat banyak akan mempermudah penyimpanan. Bagi yang gemar mengoleksi cincin, pilihlah kotak perhiasan yang banyak mempunyai bantalan untuk cincin.

Jika Anda punya banyak kalung, kami sarankan kotak perhiasan yang di dalamnya ada gantungan. Dengan begitu, koleksi kalung Anda lebih rapi serta tidak saling tersangkut ketika disimpan. 

4. Perhatikan desain

Tampilan kotak perhiasan pula perlu Anda perhatikan. Biasanya, kotak perhiasan diletakkan di lemari sandang atau di atas meja rias. Karena itu, krusial buat menyesuaikannya dengan interior ruangan Anda.
 
Kesan yang netral dan luwes dapat tercipta jika Anda menentukan produk berwarna hitam, cokelat, atau biru tua. Ad interim itu rona putih, pink, dan warna kalem lain akan menyampaikan suasana cantik, cocok buat kamar bernuansa feminin.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan saat Rawat Pasien Dengue di Rumah

Presentasi yang lebih ramai, pilih saja kotak perhiasan menggunakan motif bunga atau abstrak yang colorful. Antimainstream, pilih saja produk menggunakan bentuk tabung yang unik jika Anda ingin punya produk ini.

5. Cek kelebihan lain

Poin terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu memeriksa kelebihan lain. Produk yang memiliki handle tentu sangat disarankan buat Anda yang sering membawa kotak perhiasan saat bepergian.

Tidak hanya itu, tambahan cermin di dalam kotak perhiasan akan mempermudah Anda waktu bersolek waktu mengenakan anting atau kalung. Nah, Anda yang punya banyak koleksi jam tangan bisa menjatuhkan pilihannya pada produk yang mempunyai slot khusus jam tangan.

Buat kotak perhiasan yang dilengkapi dengan kunci, cocok dipilih bagi yang mengutamakan keamanan. Produk yang dapt diputar 360 derajat pasti mempermudah saat menentukan perhiasan favorit. (OL-14)

Baca Juga

DOK Kanal Saung Edukasi di Youtube.

Mempelajari Konsep dan Desain Alur Multimedia Interaktif

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:57 WIB
Pelajaran Desain Media Interaktif pada SMK Jurusan Multimedia Kelas 12 mempelajari konsep multimedia interaktif di Bab 1. Pada Bab 2...
dok.KBRI Laos

Mahasiswa UI Kolaborasi dengan Empat Warga Laos Membawakan Tarian Betawi di Laos

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:49 WIB
KOMITMEN Kenalkan Budaya Nusantara, Mahasiswa UI berkolaborasi dengan empat warga Laos membawakan tarian Betawi di...
Antara

Menkes Minta Layanan Kesehatan Prioritaskan Produk Lokal

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:17 WIB
Langkah tersebut sebagai upaya meningkatkan perekonomian nasional. Sekaligus, mendorong ketahanan sistem kesehatan yang merupakan pilar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya