Senin 27 Juni 2022, 21:13 WIB

Mengenal Pola Bilangan Serta Rumusnya

Pierre Lavender | Humaniora
Mengenal Pola Bilangan Serta Rumusnya

dok: masterpendidikan.com
Pola Bilangan

 

POLA bilangan kerap dijumpai pada mata pelajaran matematika yang merupakan susunan dari beberapa angka dan dapat membentuk pola tertentu. Pun bisa diartikan sebagai suatu susunan bilangan yang memiliki bentuk teratur atau suatu bilangan yang tersusun dari beberapa bilangan lain yang membentuk suatu pola.

Pola bilangan memiliki berbagai macam dan rumusnya masing-masing. Berikut penjelasannya:
  

1. Pola bilangan asli 

Pola bilangan asli adalah suatu pola bilangan yang tersusun dari bilangan asli. Bilangan asli adalah susunan bilangan yang dimulai dari 1 sampai tak hingga dan memiliki pola bilangan yang ditambah dengan bilangan 1. Barisan bilangan asli: 1, 2, 3, 4, 5, … Sementara untuk rumus pola bilangan, yaitu: n , n = bilangan asli.

2. Pola bilangan ganjil 

Pola bilangan ganjil yaitu pola bilangan yang tersusun dari bilangan-bilangan ganjil. Bilangan ganjil memiliki pengertian bilangan yang tidak habis dibagi 2. Barisan bilangan ganjil: 1, 3, 5, 7, 9, … Rumus pola bilangan ganjil: 2n – 1, n = bilangan asli.

3. Pola bilangan genap 

Pola bilangan genap adalah suatu pola bilangan yang terbentuk dari bilangan genap. Bilangan genap memiliki arti sebuah bilangan yang habis dibagi 2. Barisan bilangan: 2, 4, 6, 8, 10, … Rumus pola bilangan genap: 2n, n = bilangan asli

4. Pola Bilangan Persegi

Pola bilangan persegi adalah susunan bilangan yang polanya seperti persegi, sehingga dibentuk oleh bilangan kuadrat. Rumus pola bilangan persegi yaitu Un = n2. Contoh susunan bilangannya adalah 1, 4, 9, 16, dan seterusnya.

5. Pola Bilangan Persegi Panjang

Hampir sama seperti sebelumnya, tapi rumusnya berbeda jauh. Kalau ini akan menghasilkan bentuk menyerupai bangun datar persegi panjang. Contoh susunan angkanya adalah 2, 6, 12, 20, dan seterusnya. 

6. Pola Bilangan Fibonacci

Pola ini diperoleh dari penjumlahan dua bilangan sebelumnya. Rumus pola bilangan ini adalah Un= Un-1 + Un-2. Contoh bilangannya adalah 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, dan seterusnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/ROSMERY SIHOMBING

Pariwisata Gunungkidul Layak Jadi Bali Baru

👤Rosmery Sihombing 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 06:57 WIB
Kabupaten Gunungkidul banyak terbantu dengan  pengembangan  jalur jalan lintas selatan (JJLS) atau dikenal dengan...
DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Kemenko PMK Gandeng SMK Binaan Astra Tingkatkan Kemandirian Pangan dan Perbaikan Lingkungan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:25 WIB
Gerakan Penanaman 10 juta Pohon ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyadari persoalan lingkungan saat...
FOTO/researchgate.net

Inilah Bahaya yang Mengerikan Akibat BPA 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:23 WIB
Paparan BPA memiliki risiko terhadap gangguan perkembangan janin, menghasilkan kondisi feminisasi janin, fetus infertilitas, kualitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya