Rabu 25 Mei 2022, 21:41 WIB

Terbentur Syarat Haji dari Arab Saudi, Calon Jemaah Haji di Atas 65 Tahun Diimbau tak Tarik Setoran

Susanto | Humaniora
Terbentur Syarat Haji dari Arab Saudi, Calon Jemaah Haji di Atas 65 Tahun Diimbau tak Tarik Setoran

Antara/Asep Fathukrahman
Pemeriksaan Calon jemaah Ahji di Serang, Banten

 

PEMERINTAH Kerajaan Arab Saudi mensyaratkan usia jemaah tahun ini tidak melewati batas usia 65 tahun dan tidak diperkenankan untuk menunaikan ibadah haji akibat dampak pandemi. Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag) Arsad Hidayat pun mengimbau agar jemaah haji yang berusia di atas 65 tahun tidak menarik setoran hajinya. 

"Sebagian jemaah yang umurnya di atas 65 tahun kami punya harapan tidak menarik setoran awal dan tahun berikutnya bisa berangkat," ujar Arsad disela-sela Edukasi Media Center Haji (MCH) di gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Rabu (25/5).

Ia menambahkan, pemerintah Arab Saudi masih akan terus melakukan pemantauan terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

"Belum tentu tahun depan akan sama (dilarang untuk di atas 65 tahun). Kan sayang nunggunya akan lama sekali kalau mau haji lagi,” tegasnya.

Baca juga : Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap untuk Anak Capai 63,95%

Ia pun berharap agar prosesi ibadah haji tahun ini bisa lancar. Maka dari itu, ia juga mengimbau kepada jemaah agar bisa menunaikan haji dengan protokol kesehatan yang baik seperti memakai masker dan mencuci tangan. 

Saat pulang ke Tanah Air, Arsad berharap tidak ada virus yang tertular dari jemaah haji ke daerah masing-masing. Dia menjelaskan, hal tersebut akan menjadi bahan pertimbangan Arab Saudi untuk memperlonggar kebijakan pada musim haji berikutnya.

"Mudah-mudahan kita berharap tahun ini haji lancar dan jemaah bisa menjaga protokol kesehatan dengan baik sampai mereka (jemaah) kembali ke Tanah Air dan tidak membawa virus," tutupnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/Ramdani

Ahli: Masyarakat tidak Boleh Lengah, Subvarian XBB Bahaya bagi Komorbid

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:38 WIB
Menurut Guru Besar Mikrobiologi FKUI, subvarian XBB dan varian omikron lainnya bisa melarikan diri dari antibodi, baik pascainfeksi,...
MI/ Moh Irfan

BPJS Kesehatan Ingin Masyarakat Teredukasi Soal Layanan Kesehatan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:59 WIB
MASYARAKAT sangat membutuhkan edukasi terkait layanan kesehatan yang diselanggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)...
Dok. i3L

Terus Lakukan Inovasi, Dundee dan i3l Kembangkan Kerjasama Double Degree

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:59 WIB
"Mahasiswa nantinya akan diberikan gelar sarjana dari Biomedicine i3L, serta dari University of...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya