Selasa 24 Mei 2022, 16:20 WIB

Penting Menjaga Kesehatan Kulit dengan Kolagen dan Antioksidan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Penting Menjaga Kesehatan Kulit dengan Kolagen dan Antioksidan

ANTARA/SYIFA YULINNAS
Ilustrasi. Pekerja memilah kayu bajakah untuk bahan pembuatan teh herbal.

 

KESEHATAN adalah hal penting. Apalagi di masa seperti saat ini, ketika pandemi covid-19 masih terjadi dan muncul pula penyakit lain, seperti cacar monyet. Kesehatan bukan hanya menyangkut keseluruhan tubuh, tetapi bagian-bagian tubuh juga perlu dijaga kesehatannya, seperti mata, kulit, dan sebagainya.

Demi memenuhi kebutuhan kolagen dan antioksidan tubuh, PT Lamindo Genial Gemilang menghadirkan minuman dengan komposisi yang lengkap untuk membantu menjaga kesehatan kulit yaitu Lam Genial. Kolagen adalah jenis protein berserat dan tak larut yang jumlahnya paling berlimpah dalam tubuh manusia. Protein ini merupakan fondasi utama dari tulang, kulit, urat, dan jaringan ikat yang memberikannya struktur dan kekuatan. Ibaratnya, kolagen adalah lem yang merekatkan keseluruhan tubuh menjadi satu kesatuan.

Baca juga: Ketersediaan Alat Kesehatan dan Literasi Stunting Masih Minim

dr. Medhi Denisa Alinda, Sp.KK mengatakan bahwa dalam minuman berkolagen tidak hanya terkandung kandungan kolagen saja namun terdapat berbagai zat lain. “Benar minuman berkolagen bisa menjaga kulit dari dalam tapi tergantung dengan berapa dosis kolagen dalam minuman tersebut. Biasanya dalam minuman kolagen mengandung kombinasi zat seperti Gluthatione, vitamin A, dan vitamin C yang bisa membantu untuk mencerahkan kulit dan diimbangidenganminum air putih yang banyak,” katanya.

Lam Genial mempunyai komposisi yang lengkap untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Selain kandungan kolagennya, juga terdapat Glutathione, L-Cystein, Vitamin C, Acai berry dan Zinc Glukonat. Lam Genial mengandung Glutathione merupakan antioksidan alami di dalam tubuh yang berperan bukan saja untuk membantu menjaga kesehatan kulit tetapi juga berperan pada menjaga daya tahan tubuh secara umum.

Dari beberapa penelitian, pemberian oral glutathione dapat membantu mencerahkan kulit, menjaga elastisitas kulit dan mengurangi terjadinya keriput. Ada juga kandungan L-Cystein sebagai asam amino non esensial yang dipadukan dengan Glutathione untuk membantu mencerahkan kulit.

Kandungan vitamin C dalam Lam Genial memiliki efek antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dengan cara menetralkan radikal bebas serta meningkatkan sintesis kolagen dengan menjadi kofaktor enzim yang mensintesis kolagen. Ditambahkan juga  Acai Berry sebagai komposisi dalam Lam Genial karena Acai Berry merupakan salah satu 'super fruit' yang kaya akan antioksidan. Selain itu, acai berry juga memiliki aktivitas yang dapat mencegah terjadinya kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan oleh radiasi sinar UV dan memiliki efek untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Ada juga Zinc glukonat dalam Lam Genial yang bertindak sebagai antioksidan, kofaktor dalam pembuatan kolagen, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Zinc glukonat juga memberikan kemampuan penyerapan yang lebih baik membuat produk perawatan kulit lainnya menembus lebih jauh ke dalam lapisan bawah kulit.
Semua kandungan itu dipilih sebagai komposisi kuat dalam Lam Genial karena dinilai mampu mengatasi masalah yang muncul seiring pertambahan usia, yaitu kulit yang akan kekurangan elastisitasnya dan muncul kerutan. Dijelaskan dalam Mayo Clinic, proses ini terjadi secara bertahap mulai dari usia 20 hingga 50 tahun.

Pada usia 20 tahun, produksi kolagen mulai berkurang sebanyak 1% serta kulit mulai berkerut dan kendur. Selain itu, kulit juga mengalami penurunan kemampuan untuk eksfoliasi sebesar 28%. Akibatnya, terjadi penumpukan sel kulit mati. Lanjut di usia 30 tahun, sel-sel lemak di wajah mulai menyusut sehingga kulit menjadi kusam dan tipis. Memasuki usia 40 tahun, kolagen tidak lagi diproduksi yang ditandai dengan munculnya adanya kerutan dan garis penuaan. kondisi ini menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah memar, rusak dan pecah-pecah karena ukuran kelenjar sebasea (minyak) berkurang ketika memasuki usia 50 tahun.

Selain faktor usia, sinar UV, paparan polusi, dan ekspresi wajah yang berulang akan berdampak pada berkurangnya elastisitas kulit dan menimbulkan kerutan. Lam Genial aman dikonsumsi oleh pasien diabetes karena gula yang terkandung adalah stevia. Produk ini juga juga sudah terdaftar pada BPOM dan bahan baku yang digunakan pun bahan-bahan yang halal. (RO/A-1)

Baca Juga

MI/HO

Masyarakarat dan Pengelola Berkolaborasi Lindungi Populasi dan Habitat Pari Mantra

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 00:22 WIB
Potensi mengenai populasi pari manta dan habitat mereka di kawasan ini masih belum banyak...
Dok Dompet Dhuafa

Kolaborasi Dompet Dhuafa-Lotte Mart di Tebar Hewan Kurban

👤Media Indonesia 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:55 WIB
KOLABORASI program tebar hewan kurban (THK) yang digaungkan Dompet Dhuafa bersama Lotte Mart memasuki tahun...
MI/ANTON

UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga PTN BH

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:05 WIB
IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya