Kamis 12 Mei 2022, 15:49 WIB

Semua Imunisasi Anak akan Terekam di PeduliLindungi

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Semua Imunisasi Anak akan Terekam di PeduliLindungi

ANTARA FOTO/Fauzan
Ilustrasi catatan imunisasi anak di buku KIA

 

KEMENTERIAN Kesehatan akan mewujudkan digitalisasi kesehatan untuk vaksinasi. Sehingga semua jenis vaksinasi pada anak akan terekam di dalam aplikasi PeduliLindingi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan pihaknya akan mengulangi suksesnya pendataan vaksinasi covid-19 dengan cara meregister, mendaftarkan dan menyimpan data-data vaksinasi individu secara digital.

"Data vaksinasi biasanya ditulis di kartu/buku KIA akibatnya suka hilang dan lupa. Beberapa teguran dari luar negeri membutuhkan data vaksin dari anak-anak," kata Budi dalam konferensi pers daring, Kamis (12/5).

Contoh kasusnya adalah jika ingin berangkatkan anak belajar di luar negeri akan ditanya syarat vaksinnya dan akan sulit jika buku KIA hilang.

Pengalaman Indonesia dengan vaksinasi covid-19 adalah melakukannya dengan teknologi informasi digital dan sertifikat vaksinnya pun dibuat digital ditaruh di aplikasi PeduliLindungi.

"Program kedua yang kita lakukan pilar transformasi layanan primer ini terkait dengan imunisasi adalah melakukan digitalisasi penuh dari proses imunisasi ini," ujar Budi.

Baca juga:  Imunisasi dan Jaga Kebersihan Jurus Ampuh Tangkal Infeksi pada Anak

Sehingga semua anak yang nanti melakukan imunisasi akan terekam individunya dan akan memiliki sertifikat vaksinasi elektronik yang disimpan secara digital.

"Sehingga setiap saat dibutuhkan oleh yang bersangkutan, 15 tahun atau 20 tahun lagi dia tetap bisa mengambil datanya yang tersimpan di Kementerian Kesehatan," jelasnya.(OL-5)

Baca Juga

DOK KEMENDIKBUDRISTEK

G20 Fokus pada Agenda Prioritas Pendidikan Berkualitas untuk Semua dan Teknologi Digital dalam Pendidikan 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 10:52 WIB
Pertemuan Kedua Kelompok Kerja Pendidikan G20 Fokus pada Agenda Prioritas Pendidikan Berkualitas untuk Semua dan Teknologi Digital dalam...
ANTARA FOTO/Moch Asim

Terapkan Prokes, Sebanyak 16.624 Peserta Ikuti UTBK di Unair

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 18 Mei 2022, 10:25 WIB
Tercatat ada 16.624 peserta UTBK yang dijadwalkan mengikuti ujian gelombang pertama pada 17 Mei hingga 23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada...
Pexels

Prevalensi Hipertensi Naik karena Faktor Risiko yang tidak Terkontrol

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 18 Mei 2022, 10:15 WIB
Beberapa faktor risiko hipertensi seperti diabetes, obesitas atau kegemukan, hingga konsumsi garam berlebih tidak pernah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya