Kamis 28 April 2022, 15:50 WIB

Cegah Karhutla Meluas di Riau, KLHK Siagakan Helikopter

Dinda Shabrina | Humaniora
Cegah Karhutla Meluas di Riau, KLHK Siagakan Helikopter

Antara/FB Anggoro
Helikopter bantuan KLHK menjatuhkan air dari udara saat membantu proses pemadaman karhutla di Pulau Rupat, Riau, pada 2019.

 

DALAM upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta potensi kabut asap yang ditimbulkan di masa lebaran 2022, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengirim satu unit helikopter di Provinsi Riau.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Basas Manullang mengatakan helikopter yang ditempatkan di Riau saat ini sebagai upaya antisipasi meluasnya titik karhutla yang biasanya naik pada musim kemarau.

“Memang sejak Januari terjadi. Tapi masih bisa terkontrol dengan koordinasi yang baik. Saat ini di Riau dalam rangka melaksanakan bagian dari solusi permanen. Kita sedang melakukan operasi TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca), bekerja sama dengan BRIN, Pemda, TNI dan kepolisian,” kata Basar kepada Media Indonesia, Kamis (28/4).

Pencegahan karhutla dengan operasi TMC, kata Basar cukup efektif dalam menaikkan curah hujan. Operasi ini telah berlangsung selama 14 hari di Riau.

Basar memastikan tahun ini tidak akan ada asap lintas batas. Ia menyebut pihaknya telah melakukan patroli terpadu dan patroli mandiri untuk pengendalian karhutla.

“Saya pastikan tidak ada asap lintas batas. Karena koordinasi antar pemangku kepentingan semakin baik menurut penilaian saya dalam 2 tahun terakhir,” imbuh Basar.

Sebagai upaya pencegahan, Basar menyebut penempatan helikopter bisa saja sewaktu-waktu dialihkan ke provinsi lain sesuai kebutuhan dan penetapan dari Pimpinan KLHK.

Hari ini helikopter Bell 412-EP langsung digunakan untuk melaksanakan patroli udara dan pengecekan karhutla ke beberapa lokasi rawan seperti Sam-Sam dan Lubuk Umbut (Siak), Bonai (Rokan Hulu), Mumugo (Rokan Hilir), Medang Kampai (Dumai), Tenggayun dan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil (Bengkalis).

“KLHK telah menyiapkan 239 anggota Manggala Agni di lima wilayah Provonsi Riau dan Kepulauan Riau. Kami menugaskan Manggala Agni untuk bersinergi bersama Tim Satgas Karhutla lainnya untuk pengendalian karhutla, terutama dalam mengantisipasi cuti bersama lebaran tahun 2022,” tutup Basar. (H-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menkes: 81% Kasus Positif Covid-19 Subvarian BA.4 dan BA.5

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:50 WIB
Budi Gunadi menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers seusai menghadiri rapat terbatas dengan agenda evaluasi Pemberlakuan Pembatasan...
MI/Andri Widiyanto

Presiden Instruksikan Menkes Percepat Vaksinasi Booster

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:47 WIB
Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Kesehatan, Kapolri, Panglima TNI dan Kepala BNPB melakukan akselerasi vaksinasi terutama...
Antara

Dirjen GTK Tekankan Pentingnya Asesmen dalam Kurikulum Merdeka

👤Faustinus Nua 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:45 WIB
SEJUMLAH guru merasakan sejumlah manfaat melakukan asesmen awal dan pembelajaran terdiferensiasi sebagai bagian implementasi Kurikulum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya