Selasa 26 April 2022, 12:30 WIB

70% Orang Indonesia Menunggu Kurang dari Setahun untuk Ungkapkan Cinta

Basuki Eka Purnama | Humaniora
70% Orang Indonesia Menunggu Kurang dari Setahun untuk Ungkapkan Cinta

Pexels
Ilustrasi

 

SURVEI yang dilakukan YouGov menemukan sekitar 70% atau tujuh dari sepuluh responden asal Indonesia akan menunggu kurang dari satu tahun sebelum mengatakan 'I love you' atau 'Aku mencintaimu' kepada calon pasangan mereka.

Di antara mereka, proporsi terbanyak yaitu 33% memilih mengekspresikan kata cinta tersebut dalam waktu yang lebih dini antara satu hingga dua pekan sebelum akhirnya menjalin hubungan baru.

Dikutip dari siaran resmi, Selasa (26/4), survei tersebut mengambil responden 1.055 orang di Indonesia secara daring. Pertanyaan yang diajukan seputar waktu yang ideal untuk mengambil langkah-langkah penting dalam menjalin hubungan cinta.

Baca juga: Survei: 66% Orang di Asia Pasifik Percayai Kemampuan Teknologi

Survei tersebut juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan lain setelah tahap mengungkapkan cinta, mulai dari lama waktu menunggu sebelum bertemu keluarga pasangan, membeli rumah bersama, bertunangan, hingga memutuskan menikah.

Dalam survei, mayoritas responden dengan senang hati memperkenalkan pasangan baru kepada orangtua dan keluarga dekat mereka (78%) atau pergi berlibur bersama pasangan (70%) sekitar satu tahun atau kurang dari satu tahun setelah menjalin hubungan asmara baru.

Sebagian besar dari kelompok tersebut merasa tepat untuk melewati dua tonggak sejarah hubungan ini hanya dalam waktu satu atau dua minggu setelah berkencan, yaitu saling bertemu keluarga dekat sebanyak 22% dan berlibur bersama sebanyak 20%.

Dalam hal berlibur, sebanyak 63% laki-laki lebih mungkin mengajak pasangan untuk liburan bersama pada tahun pertama hubungan baru, dibanding perempuan (55%).

Umumnya, responden di Indonesia berpikir pasangan harus menunggu setidaknya satu tahun sebelum memutuskan untuk membeli rumah bersama.

Sebanyak 25% orang dalam kelompok tersebut akan menunggu setidaknya empat tahun setelah menjalin hubungan dan 12% berpikir untuk mencapai hal itu harus menikah terlebih dahulu.

Survei juga menanyakan kepada responden kapan waktu terbaik untuk bertunangan atau menikah. Mayoritas mengatakan waktu paling tepat yaitu setelah pasangan bersama selama satu tahun. 

Sebagian di antara mereka berpikir dapat bertunangan (35%) atau menikah (20%) sebelum mencapai genap satu tahun hubungan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Pemerintah Susun Instrumen Survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji 1444 H

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 01:00 WIB
Penyusunan Instrumen Survei Kepuasan Jemaah Haji mengacu pada Standar Pelayanan Minimal...
Antara

RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, Upaya Memanusiakan Manusia

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 30 September 2022, 23:55 WIB
PRAKTIK perbudakan rupanya masih berlangsung di Indonesia seperti ditampakkan dari para pekerja rumah tangga (PRT) yang belum mendapatkan...
Instagram @gytr.art

Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni, Merawat Ibu Bhumi

👤 Faustinus Nua 🕔Jumat 30 September 2022, 23:50 WIB
Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni akan dipentaskan untuk khalayak ramai pada Sabtu 8 Oktober 2022 di Teater Besar Taman Ismail...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya