Jumat 22 April 2022, 13:46 WIB

Hari Bumi, Kartini Lingkungan Jawab Ajakan Puan

Mediaindonesia | Humaniora
Hari Bumi, Kartini Lingkungan Jawab Ajakan Puan

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ketua DPR Puan Maharani (kanan) bersama Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco (kiri) menanam pohon

 

KETUA DPR RI Puan Maharani mengajak para Kartini muda untuk bersama memajukan Indonesia. Ajakan itu mendapat tanggapan dari aktivis lingkungan Emmy Primadona Than.

“Saya melihat itu sebagai suatu ajakan yang positif ya bagi generasi muda untuk sama-sama dalam memajukan Indonesia dengan berbagai skill (kemampuan) yang mereka punya,” ujar Emmy saat dihubungi, kemarin.

Hal itu disampaikan Emmy saat diminta responnya terkait dengan ajakan Puan yang meminta agar perempuan Indonesia tidak melupakan jasa Kartini dan meneruskan perjuangannya untuk masa kini.

Emmy adalah perempuan peduli lingkungan yang tergabung dalam Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi yang berfokus pada pendampingan masyarakat terkait pengelolaan hutan, agar bernilai ekonomi tinggi dan berkelanjutan.

Sebagi aktivis lingkungan, Emmy menyampaikan bahwa peringatan hari bumi yang berurutan dengan hari kartini, mestinya menjadi momentum untuk meningkatkan peran serta perempuan dalam pelestarian lingkungan.

Baca juga: Prajurit Perempuan Baru 2%, Menteri PPPA Dorong Kesetaraan Gender di Militer

"Jadi saya melihat partisipasi perempuan harus terus tertingkatkan dalam isu perlindungan hutan, dan penyelamatan sumber daya alam yang tersisa di Indonesia secara umum," lanjutnya.

Terkait dengan pelestarian lingkungan, Puan sendiri gencar mengkampanyekan hal ini, bahkan di tingkat internasional. Misalnya, saat pertemuan antar-parlemen sedunia ke-144 pada 20-24 Maret 2022 lalu di Bali, Puan menginisiasi agar setiap delegasi yang hadir menanam satu pohon di Nusa Dua.

Penanaman itu merupakan simbol komitmen semua anggota parlemen terhadap dampak perubahan (kekacauan) iklim yang tengah melanda bumi. Puan Maharani selaku Ketua Majelis dalam pertemuan internasional itu menilai, pohon-pohon yang ditanam itu menjadi pengingat bahwa di Bali, para anggota parlemen dari seluruh dunia pernah menanam komitmen untuk mengatasi perubahan iklim.

“Saya ingin kegiatan ini menjadi pengingat bagi setiap delegasi saat menjejakkan kaki di Bali, bahwa mereka pernah menanam komitmen untuk mengatasi perubahan iklim dunia,” tulis Puan dalam akun Instagramnya, @puanmaharaniri pada Sabtu (26/03/2022). (RO/OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

61,81% Jemaah Haji Indonesia Memiliki Risiko Tinggi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:40 WIB
Menurut PPIH Arab Saudi bidang kesehatan bahwa jemaah haji Indonesia per 25 Juni 2022 yang memiliki risiko tinggi terhadap kesehatan...
MI/Susanto

Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Menjadi 12 Orang

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:25 WIB
Sementara jemaah haji sakit sebanyak 520 orang, sebanyak 446 orang rawat jalan, 60 orang dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia, dan 14...
MI/Bagus Suryo

Universitas Brawijaya Kukuhkan Menteri LHK sebagai Profesor Kehormatan

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:23 WIB
Siti Nurbaya menyampaikan kebaharuan (novelty) tentang Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030, dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya