Selasa 19 April 2022, 14:44 WIB

Menko PMK: Jalur Darat Bakal Jadi Tulang Punggung Arus Mudik

Faustinus Nua | Humaniora
Menko PMK: Jalur Darat Bakal Jadi Tulang Punggung Arus Mudik

MI/ANDRI WIDIYANTO
Sejumlah bus yang akan mengangkut pemudik tujuan Jawa dan Sumatra terparkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

 

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa jumlah masyarakat yang akan mudik tahun ini diprediksi sangat tinggi. Secara khusus di jalur darat, pemerintah memperkirakan akan terjadi lonjakan.

"Memang ini sebagian besar mudik bergerak lewat darat, kenapa karena jalur udara belum pulih betul," ujarnya, Selasa (19/4).

Menurutnya, meski pandemi sudah membaik, jalur udara yang terkena hibernasi ekonomi belum seutuhnya pulih. Lantas, jalur darat menjadi pilihan utama bagi pemudik.

Selain itu, infrastruktur jalan yang memadai seperti jalan tol mendorong pemudik untuk lebih memilih jalur darat. Apalagi adanya kebijakan insentif pajak mobil juga turut berdampak pada tingginya pengguna kendaraan pribadi saat mudik nanti.

"Jadi perkiraan kita akan sangat tinggi karena kalau pun begitu di jalur udara bisa sampai 9 juta, laut 6 juta dan sisanya lewat darat. Dan sebagian besar menggukan kendaraan umum, tapi akan terjadi lonjakan penggunaan kendaraan pribadi," imbuhnya.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah pemudik tahun ini, kata Muhadjir, pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah strategis. Kemenhub mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan kendaraan umum.

Baca juga: Puan Minta Pemerintah Maksimal Lakukan Persiapan Mudik

Selain itu, bagi pengendara sepeda motor dianjurkan untuk menggunakan kendaraan umum yang bisa mengangkut sepeda motor. Salah satunya adalah Kereta Api yang menyiapkan gerbong barang untuk mengangkut sepeda motor.

"Sepeda motor dipakai putar-putar di tempat mudik saja. Karena angka kecelakaan tertinggi setiap mudik pasti terjadi di pengguna sepeda motor," jelasnya.

Terkait vakisn booster sebagai syarat mudik, Muhadjir menekankan pada kesadaran masyarakat. Apalagi saat ini pemerintah telah menyediakan banyak lokasi vaksin bagi masyarakat.

"Sekarang gak usah mikir pemeriksaan tapi bagaimana mereka mau booster dengan kesadarannya dan nanti dengan begitu insyaallah dia akan mudik dengan selamat, aman, gembira gitu," tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

ACT/ Ilustrasi

Kemensos Cabut Izin Pengumpulan Uang dan Barang ACT

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 11:00 WIB
Bahwa pemerintah responsif terhadap hal-hal yang sudah meresahkan masyarakat dan selanjutnya akan melakukan penyisiran terhadap izin-izin...
MI/HO

WMA Tegaskan IDI Satu-Satunya Organisasi Dokter di Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 06 Juli 2022, 10:50 WIB
"Bagi kami di WMA, keberadaan organisasi profesi juga haruslah tunggal karena menyangkut standarisasi etik kedokteran demi keselamatan...
MI/RAMADANI

Berdaulat Mengelola Kesehatan, BRIN Jembatani Periset dengan Industri Kesehatan

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 06 Juli 2022, 10:36 WIB
Selama dua tahun pandemi Covid-19 melanda dunia, banyak mengajarkan masalah fundamental yang ada di negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya