Kamis 14 April 2022, 12:56 WIB

KT&G SangSang Volunteer Gelar Beragam Kegiatan Peduli Sungai Ciliwung

mediqaindonesia.com | Humaniora
KT&G SangSang Volunteer Gelar Beragam Kegiatan Peduli Sungai Ciliwung

Ist
Peserta volunteer memunguti sampah anorganik di pinggiran Sungai Ciliwung.

 

BEKERJA sama dengan Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci), komunitas KT&G SangSang Univ. Indonesia, SangSang Volunteer telah mengadakan kegiatan volunteer di Sungai Ciliwung pada Minggu (20/3) lalu. 

Kegiatan sosial ini menjadi kegiatan volunteer offline pertama di tahun 2022 mengingat dua bulan yang lalu terjadi peningkatan kasus Covid-19 sehingga kegiatan volunteer melakukan beberapa penyesuaian.

Edukasi menjadi agenda pertama pada kegiatan ini. Menurut Ketua Mat Peci, Usman Firdaus, edukasi lingkungan dan informasi mengenai Sungai Ciliwung menjadi penting karena dengan mengetahui kondisi ini anak muda dan lingkungan sekitar akan tergerak untuk melindungi dan menjaga bumi kita.

"Sebanyak 11 peserta volunteer mengikuti kegiatan peduli lingkungan ini. Para peserta merupakan bagian dari komunitas KT&G SangSang Univ. Indonesia yang sangat antusias dan menanti-nanti kegiatan volunteer offline," kata Usman dalam keterangan pers, Kamis (14/4).

Baca juga : Lestarikan Alam, UNJ Luncurkan Produk Jasa Wisata Ciliwung Heritage 

Kegiatan peduli lingkungan yang diadakan kali ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari edukasi pemahaman Sungai Ciliwung, penanaman pohon, operasi semut di sekitar pinggiran sungai, penyebaran benih ikan, dan rafting menyusuri Sungai Ciliwung.

Farhan, mahasiswa IPB jurusan Arsitektur Lanskap menceritakan keseruan kegiatan peduli lingkungan mulai dari edukasi Sungai Ciliwung hingga rafting.

Dari kegiatan ini Farhan menyadari betapa pentingnya kepedulian kecil yang berdampak besar.

“Harapannya dari kegiatan Sungai Ciliwung kita semua sama-sama mengimplementasikan bentuk kepedulian lingkungan sesimpel membuang sampah ada tempatnya.”ungkap Farhan.

Memiliki pemikiran yang sama, Vanessa Justin, mahasiswa Bahasa Korea Universitas Nasional, mengajak anak muda untuk menjaga kebersihan lingkungan karena kondisi lingkungan saat ini berdampak bagi keberlangsungan generasi yang akan datang.

“Kita sebagai anak muda harus peduli dengan kondisi Sungai Ciliwung saat ini. Karena kondisi ini akan berdampak bagi generasi kita kedepannya.” tambah Echa, anggota volunteer.

Sebagai dukungan kepada Mat Peci dalam menjaga keseimbangan lingkungan hidup, KT&G SangSang Univ. Indonesia memberikan donasi senilai Rp4 juta.

Usman Firdaus, Ketua Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan Ciliwung mengucapkan terima kasih atas donasi yang diberikan dan akan menggunakan donasi tersebut sesuai peruntukannya. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

AFP

Pemerintah Susun Instrumen Survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji 1444 H

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 01:00 WIB
Penyusunan Instrumen Survei Kepuasan Jemaah Haji mengacu pada Standar Pelayanan Minimal...
Antara

RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, Upaya Memanusiakan Manusia

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 30 September 2022, 23:55 WIB
PRAKTIK perbudakan rupanya masih berlangsung di Indonesia seperti ditampakkan dari para pekerja rumah tangga (PRT) yang belum mendapatkan...
Instagram @gytr.art

Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni, Merawat Ibu Bhumi

👤 Faustinus Nua 🕔Jumat 30 September 2022, 23:50 WIB
Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni akan dipentaskan untuk khalayak ramai pada Sabtu 8 Oktober 2022 di Teater Besar Taman Ismail...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya