Jumat 18 Maret 2022, 10:57 WIB

Empat Cara Membersihkan Alat Olahraga di Rumah

mediaindonesia.com | Humaniora
Empat Cara Membersihkan Alat Olahraga di Rumah

Ist/Ruparupa.com
Membersihkan peralatan olahraga yang dipakai di rumah merupakan hal yang sangat penting.

 

MEMBERSIHKAN peralatan olahraga yang dipakai di rumah merupakan hal yang sangat penting. Jika tidak, virus dan bakteri akan hidup bebas di sana. 

Meskipun terdengar sepele, bayangkan jika suatu hari kamu pergi keluar, lalu saat kembali ke rumah, kamu langsung berolahraga tanpa mandi dan cuci tangan terlebih dahulu. Tentu, virus dan bakteri dari luar akan terbawa masuk ke dalam ruang olahraga.

Oleh karena itu, kita perlu membersihkan perlengkapan olahraga di rumah dengan benar. Lalu, bagaimana caranya? Simak berikut ini. 

1.Treadmill dan Mesin Olahraga lain

Alat fitness satu ini biasanya menggunakan listrik. Untuk itu, sebelum membersihkan mesin alat olahraga di rumah, pastikan telah mencabut kabel listriknya terlebih dahulu.

Nah, pertama-tama, kamu bisa membersihkan mesin olahraga, termasuk treadmill, dengan memakai kain mikrofiber. Jadinya, seluruh debu dan kotoran bisa langsung terangkat.  

Setelah semua debu terangkat, berikan disinfektan untuk memastikan tidak ada kuman dan virus yang tersisa. Terakhir, jemur treadmill dan mesin olahraga sampai benar-benar kering, sebelum kamu gunakan kembali.

2.Dumbbell

Untuk membersihkan dumbbell, sebenarnya tergantung pada bahan yang digunakan. Bila dumbbell yang terbuat dari karet atau polyethylene dan plastik, kamu bisa menggunakan lap mikrofiber untuk mengangkat debu di permukaan terlebih dahulu.

Pastikan tidak ada debu yang tersisa. Kemudian, berikan carian disinfektan secara menyeluruh. Setelah itu, jemur sampai benar-benar kering.

Lain halnya dengan dumbbell yang terbuat dari bahan besi dan logam lainnya, kamu perlu membersihkan dengan cairan anti karat. Namun, pastikan sudah mengangkat debu pada kedua peralatan tersebut dengan kain mikrofiber. 

3.Bench press

Harga alat fitness satu ini memang sangat beragam. Namun, semakin mahal harganya, tentu ada kelebihan yang ditawarkan. Untuk itulah, kita perlu menjaga kebersihan alat fitness satu ini yang sering berkontak langsung dengan kulit.

Cara membersihkannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunaka lap mikrofiber untuk mengangkat debu dan kotoran. Lalu ,semprotkan disinfektan secara merata. 

Pastikan bench press kering seutuhnya sebelum digunakan kembali. Apalagi, menggunakan bench dalam keadaan lembab dan basah, justru bisa membuat permukaannya jadi licin sehingga sangat berbahaya.

4.Resistance bands

Membersihkan resistance bands cukup rumit karena banyak hal yang bisa merusak bahan bands. 

Namun, kamu bisa membersihkannya dengan cara memasukkan resistance bands ke dalam air hangat yang sudah dicampur beberapa tetes sabun cuci piring.

Setelah itu, gosok bands perlahan selama beberapa detik, lalu biarkan bands mengering dengan sendirinya. Hindari menjemur alat olahraga ini di bawah matahari karena cahaya matahari langsung dapat merusak bahan resistance bands.

Itu dia cara membersihkan beberapa alat olahraga yang bisa kamu lakukan. Jika kamu memiliki ruang olahraga khusus di rumah, pastikan untuk membersihkan area lantai di dalam ruangan tersebut. Jadinya, kebersihan di dalam area ruang olahraga tetap terjaga dengan baik. 

Nah, jika kamu ingin membuat ruang olahraga sendiri di rumah, kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan olahraga, mulai dari treadmill, dumbbell, bench, hingga matras lantai, hanya di Ruparupa.com.  

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai macam perabot rumah tangga lain dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Yuk, buat waktu olahraga jadi lebih nyaman dengan menjaga kebersihan. (RO/OL-09)


 

Baca Juga

Holywings.com

Gus Muhaimin Angkat Bicara Soal Holywings

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:06 WIB
MUHAIMIN Iskandar atau Gus Muhaimin bersyukur umat Islam di seluruh Indonesia bisa bersatu dan kompak dalam menyuarakan suara penolakan...
HO

Terapi Adjuvan Perbesar Peluang Keberhasilan Program Bayi Tabung

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:47 WIB
TERAPI Adjuvan reproduksi berguna untuk menunjang efektifitas program bayi tabung (in vitro fertilization/IVF). Layakan terapi...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Kasus Covid-19 Nasional Bertambah 1.831 Orang Per Hari

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:45 WIB
Penambahan tersebut berkurang dibandingkan pada Jumat, 24 Juni, sebanyak 2.069...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya