Jumat 04 Maret 2022, 07:45 WIB

Ini Tips Membekukan Buah dan Sayuran

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Ini Tips Membekukan Buah dan Sayuran

bettaveg.co.uk
Ilustrasi

 

PEMBEKUAN mencegah bakteri makanan tumbuh, jadi tidak peduli berapa lama makanan beku berada di dalam freezer, masih aman untuk dimakan. Hal itu dikatakan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Tetapi, kualitasnya bisa menurun seiring waktu.

Menurut ahli diet terdaftar Andrea Kirkland, seperti dikutip dari Livestrong, ada metode yang bisa dilakukan untuk membekukan buah segar di rumah. 

Pertama, siapkan hal yang dibutuhkan, yakni buah segar, pisau, kertas tisu, kertas roti, loyang besar dan wadah atau tas yang aman untuk freezer.

Baca juga: Purwakarta Ekspor Buah Manggis ke Tiongkok

Selanjutnya, cuci semua buah segar dengan air dingin sampai bersih. Persiapkan buah tergantung pada jenis buahnya, Anda mungkin perlu mengupas, membuang inti, dan memotongnya menjadi bentuk yang diinginkan.

Gunakan tisu untuk menepuk-nepuk buah hingga kering dan menghilangkan kelembapan berlebih. Atur buah dalam satu lapisan di atas loyang besar yang dilapisi dengan kertas roti.

Bekukan minimal 4 jam. Pindahkan buah beku ke dalam wadah atau tas yang aman untuk freezer. Keluarkan udara sebanyak mungkin dari wadah atau tas untuk membantu mencegah masalah pada freezer dan tutup. Masukkan kembali buah-buahan beku ke dalam freezer.

Bagaimana dengan sayuran? Sayuran beku memiliki umur yang sama dengan buah beku, jika suhu cukup dingin. Seiring waktu, tekstur, rasa, dan kualitas mungkin terpengaruh, tetapi sayuran beku masih aman untuk dimakan.

Untuk kualitas terbaik, gunakan produk dalam waktu 8-12 bulan setelah pembekuan, menurut National Center for Home Food Preservation. 

Jika Anda tidak dapat menggunakan buah dan sayuran beku dalam waktu 12 bulan, keduanya masih aman untuk digunakan meskipun kualitasnya mungkin lebih rendah seiring berjalannya waktu.

Ada metode dalam membekukan sayuran. Sayuran keras seperti wortel, biji jagung, brokoli, kembang kol, kacang hijau, kacang polong dan kubis Brussel membeku dengan baik, menurut Kirkland.

"Bahkan sayuran berdaun hijau, kentang, dan yang memiliki kadar air tinggi seperti zucchini juga bisa dibekukan," kata dia.

Untuk hasil terbaik, Kirkland merekomendasikan strategi serupa seperti membekukan buah. Ada satu perbedaan utama, yakni merebus sayuran terlebih dahulu.

Siapkan hal yang dibutuhkan yakni sayuran segar, panci besar berisi air mendidih, semangkuk besar air es, tisu, kertas roti, loyang besar dan wadah atau tas yang aman untuk freezer.

Selanjutnya, cuci dan siapkan sayuran. Rebus sayuran selama sekitar 1 menit, lalu celupkan ke dalam mangkuk besar berisi air es untuk menghentikan pemasakan.

Berikutnya, keringkan sayuran dengan tisu, atur di atas loyang yang dilapisi dengan kertas roti.

Bekukan sayuran selama sekitar 4 jam atau sampai beku, pindahkan ke dalam wadah atau tas yang aman untuk freezer dan buang udara sebanyak mungkin.

Terakhir, tempatkan kembali wadah atau kantong berisi sayuran beku kembali ke dalam freezer. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ist

Mabes Polri Gelar Doa Lintas Agama untuk Indonesia yang Lebih Baik

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:39 WIB
Acara ini merupakan upaya ikhtiar batiniah untuk kebaikan Bangsa...
Instagram Kemenkes RI

Cara Penularan Hepatitis Akut Misterius Mirip Hepatitis A

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:05 WIB
Hepatitis akut misterius yang menjangkiti Indonesia saat ini memiliki kemiripan gejala dan cara penularan dengan hepatitis...
Antara

54 Perguruan Tinggi Siap Bersaing di Kontes Robot Indonesia 2022

👤Renatha Swasty 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:05 WIB
KONTES Robot Indonesia (KRI) 2022 tingkat nasional resmi digelar luring setelah dua tahun dilaksanakan daring akibat pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya