Senin 21 Februari 2022, 16:55 WIB

Risma Pastikan Pencairan Bansos Selesai Maret 2022

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Risma Pastikan Pencairan Bansos Selesai Maret 2022

Antara/Irwansyah
Ilustrasi

 

MENTERI Sosial Tri Rismaharini melakukan percepatan pencairan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako Di Jawa Timur. Dalam kunjungan tersebut, Risma memastikan bantuan akan selesai pada Maret 2022.

“Penerima Bansos yang kurang sekitar 5.000 keluarga yang belum tersalur, mudah-mudahan tiga hari ini bisa dituntaskan,” ujar Risma dalam keterangan resmi, Senin (21/2).

Mensos melakukan pencairan BPNT/Kartu sembako di wilayah Kabupaten Probolinggo. Dari data Kemensos, 5.925 KKS (kartu keluarga sejahtera) belum tersalurkan dari total 7.760 KKS.

“Ya karena kalau tidak selesai bulan Maret akan kembali ke negara uangnya, jadi karena itu kenapa saya turun untuk memastikan bahwa bansos bisa diterima penerima manfaat,” jelasnya.

Selain Probolinggo, Pihaknya juga melakukan percepatan pemberian BPNT di Kabupaten Pasuruan sebanyak 7823 KKS. Per tanggal 20 Februari 2022 KKS yang sudah tersalur 2397 dan KKS belum tersalur 5426.

Risma mendorong pemerintah daerah lebih aktif mengawasi penerimaan bantuan di daerah masing-masing. Selain itu dirinya juga menerima usulan dari kepala desa setempat untuk segera melaporkan usulan melalui situs Kemensos.

“Silahkan, sebetulnya kami punya situs usul sanggah kemensos, tapi data yang masuk tetap kita kembalikan ke daerah. Karena sesuai dengan UU nomor 13/2011 tentang fakir miskin, daerahlah yang mengusulkan,” ungkapnya.

Kementerian Sosial terus berupaya mendorong percepatan pencairan bantuan sosial (bansos). Salah satu langkah penting dalam upaya percepatan adalah penyaluran bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako secara tunai. Kemensos akan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia sebagai instansi penyalur. (H-2)

Baca Juga

Dok Breaking Barriers Initiative.

W.M. Mann Foundation Berikan Beasiswa untuk Dalami Penyutradaraan Pertunjukan Teater di Skotlandia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 17:40 WIB
Hari ini pelaku seni teater Indonesia bisa bergembira dengan hadirnya Breaking Barriers Initiative atau ‘Inisiatif Mendobrak...
MI/ARDI

Tim Ahli Sebut IKN akan Jadi Kota Cerdas Berkelanjutan

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 17:38 WIB
IKN di Kaltim diharapkan mengubah paradigma pembangunan dari Jawa sentris menjadi Indonesia...
MGN/Marianus Marselus

KLHK: Kenaikan Tiket TN Komodo untuk Kepentingan Konservasi dan Pendapatan Daerah

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 17:35 WIB
Kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo menjadi Rp3,75 juta perorang dalam waktu satu tahun menuai banyak komentar dari berbagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya