Senin 21 Februari 2022, 15:55 WIB

Cara Tepat Penuhi Kebutuhan Gizi saat Sarapan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Cara Tepat Penuhi Kebutuhan Gizi saat Sarapan

pexels.com
Ilustrasi

 

Sarapan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi banyak orang untuk memulai aktivitas sehari- hari, sarapan bahkan diperingati lewat Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang berlangsung pada 14-21 Februari.

Meski sarapan sangat penting, rupanya masih banyak masyarakat yang tak memenuhi sarapannya sesuai dengan anjuran gizi padahal penting bagi keluarga khususnya anak- anak mendapatkan sarapan seimbang.

Mengutip siaran pers Nestle, Senin (21/2), berikut cara mudah bernama langkah "ABC" untuk memenuhi sarapan dengan gizi seimbang bagi tubuh.

Pertama, atur porsi untuk memastikan jumlah asupan makanan cukup. Pastikan makanan anda tidak berlebih maupun tidak kurang sehingga energi yang dihasilkan dari makanan bisa mendukung aktivitas setiap harinya.

Kedua adalah Baca label kemasan makanan untuk mengecek kandungan gizi dan cara penyajian.

Cara kedua ini berlaku untuk produk-produk olahan seperti susu, sereal, maupun camilan lainnya. Dengan membaca label kemasan makanan, maka masyarakat bisa memahami dengan baik produk yang dikonsumsinya.

Dengan cara itu pula masyarakat bisa mendapatkan manfaat produk secara maksimal tanpa berlebihan.

Terakhir, cukupi asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan mengonsumsi beragam jenis makan.

Dibutuhkan variasi jenis bahan makanan agar tubuh bisa mendapatkan gizi yang tepat sehingga tubuh dapat membuat energi yang baik dari sarapan.

"Pengetahuan tentang aturan porsi makan sangat diperlukan agar kebutuhan gizi masyarakat terpenuhi dengan baik. Kami berkomitmen mengajak masyarakat untuk menanamkan kebiasaan sarapan sehat berprinsip ABC, yang sejalan dengan anjuran Isi Piringku oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai pedoman gizi seimbang bagi masyarakat," kata Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia Eka Herdiana.

Di samping metode ABC, agar tubuh bisa lebih sehat lewat konsumsi produk makanan dan minuman Nestle juga mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa aktif bergerak, mencukupi kebutuhan air putih, dan menjaga kebiasaan makan bersama keluarga agar kualitas hidup masyarakat bisa terjaga. (Ant/OL-12)

Baca Juga

DOK/HUMAS UPI

Universitas Pendidikan Indonesia Gelar Lomba Simulasi Mengajar Tingkat Nasional

👤Naviandri 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:35 WIB
Lomba Simulasi Mengajar diimplementasikan dalam bentuk program Kampus...
Antara

BP2MI: Banyak Pekerja Migran RI yang Termakan Bujuk Rayu Calo

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:24 WIB
Kejadian ini sebenarnya dapat dicegah, jika ada sinergi antara pemerintah daerah dan BP2MI. Termasuk, menyiapkan berbagai informasi yang...
Antara

67,62% Lansia Terlindungi Vaksin Dosis Lengkap

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:23 WIB
Sebanyak 14.574.107 lansia telah menerima vaksin dosis lengkap per Minggu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya